Gubernur Sulsel Fasilitasi 150 UMKM Sertifikasi Halal Gratis Demi Pemberdayaan Ekonomi

| 29 Jun 2022 15:08
Gubernur Sulsel Fasilitasi 150 UMKM Sertifikasi Halal Gratis Demi Pemberdayaan Ekonomi
Gubernur Andi Sudirman Sulaiman saat menemani Wapres Maruf Amin melihat pameran UMKM di Kantor Gubernur Sulsel

ERA.id - Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan di bawah kepemimpinan Gubernur Andi Sudirman Sulaiman terus mendorong pengembangan dan peningkatan UMKM di Sulawesi Selatan.

Sebagai wujud pengembangan UMKM, tahun 2022 ini Sudirman memfasilitasi sertifikasi halal bagi 150 UMKM di Sulsel. Jumlah UMKM yang difasilitasi pun terus meningkat dari tahun ke tahun.

“Alhamdulillah, tahun ini sebanyak 150 UMKM yang kita fasilitasi untuk sertifikasi halal yang tersebar di Kabupaten/Kota se Sulsel. Semoga ini dapat membantu UMKM dalam pengembangan produk,” jelasnya.

Ia pun berharap, dengan pengembangan UMKM ini, akan bermuara pada peningkatan perekonomian masyarakat. “UMKM menjadi penopang utama pertumbuhan ekonomi di Sulsel. Olehnya itu, kita terus mendorong untuk peningkatan UMKM, termasuk dalam mendorong UMKM untuk ekspor,” ungkapnya.

Plt Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Sulsel, Sukarniaty Kondolele menuturkan sejumlah upaya Pemprov Sulsel di bawah kepemimpinan Gubernur Andi Sudirman dalam mendorong pertumbuhan dan pemberdayaan UMKM.

“Di antaranya memberikan pendidikan dan pelatihan kewirausahaan kepada semua sektor usaha UMKM; memfasilitasi legalitas usaha dan produknya dengan sertifikat hak merek, sertifikat halal, sertifikat PIRT serta pendampingan Penerbitan NIB (Nomor Induk Berusaha); membantu memasarkan produk melalui pameran dan sosial media; serta membuka sentra tempat usaha baru bagi UMKM, seperti food court Lego-lego,” paparnya.

Rekomendasi