Kerap Muncul di Sejumlah Survei Capres, Peneliti CSIS: Suara Ridwan Kamil Solid di Jawa Barat

| 06 Jul 2022 12:17
Kerap Muncul di Sejumlah Survei Capres, Peneliti CSIS: Suara Ridwan Kamil Solid di Jawa Barat
Ridwan Kamil (Antara)

ERA.id - Peneliti Senior Centre of Strategic and International Studies (CSIS) Philips J. Vermonte menyampaikan bahwa Jawa Barat adalah salah satu daerah kunci yang sangat penting dalam peta politik tanah air.

Tidak hanya luas, Jawa Barat juga merupakan salah satu lumbung suara yang besar. Sehingga tidak heran bila suara pemilih di Jawa Barat selalu jadi rebutan partai politik dan para calon yang turut serta dalam kontestasi pesta demokrasi.

Saat ini, kata Philips, Jawa Barat menjadi salah satu penyumbang kursi terbanyak di DPR RI.

”Jawa Barat salah satu penyumbang pemilih terbesar. Di DPR juga menyumbang kursi terbanyak,” jelas dia saat hadir dalam rilis hasil survei CiGMark di Jakarta pada Selasa (5/7/2022).

Bagi para calon yang tidak begitu populer atau tidak memiliki basis massa yang kuat di Jawa Tengah dan Jawa Timur, Jawa Barat bisa menjadi pilihan. Berdasar hasil survei CiGMark, saat ini yang memiliki suara paling solid di Jawa Barat adalah Ridwan Kamil.

Karena itu, menjadi wajar bila nama pria yang juga akrab dipanggil Kang Emil itu selalu muncul dalam berbagai survei calon presiden dan calon wakil presiden.

”Kang Emil itu menurut saya suaranya solid di Jawa Barat. Dia bisa mengimbangi kemungkinan calon lain mengambil suara di Jawa Tengah dan Jawa Timur,” jelas Philips.

Secara keseluruhan, dia menegaskan, seluruh suara pemilih di Indonesia penting.

Namun demikian, tidak bisa dipungkiri juga bahwa sampai saat ini suara pemilih terbesar berada di Jawa.

Khusus Jawa Barat, Philips menyampaikan bahwa, suara pemilih di Jawa Barat bisa mengkompensasi bila calon yang ikut bertarung dalam kontestasi pilpres kehilangan suara di Jawa Tengah dan Jawa Timur.

”Kalau anda kandidat yang tidak bisa menembus di Jawa Tengah atau Jawa Timur, agar suara tidak terlalu jauh timpangnya, menangkan Jawa Barat,” tegas dia.

Di Jawa Barat, masih kata Philips, saat ini Kang Emil yang masih memimpin sebagai tokoh dengan basis pendukung yang tinggi. ”Saya kira Kang Emil di situ (Jawa Barat) punya kontribusi dan sangat mengalir,” imbuhnya.

Soliditas pemilih tersebut, lanjut dia, yang menjadi salah satu kunci atas naiknya dukungan terhadap Kang Emil yang tampak dalam hasil survei CiGMark. Kang Emil unggul karena dinilai mampu bekerja dengan baik di Jawa Barat.

Selain itu, Kang Emil berpengalaman sebagai kepala daerah. Baik kepala daerah tingkat II di Bandung maupun kepala daerah tingkat I di Jawa Barat.

Keunggulan lain, Kang Emil merupakan salah satu teknokrat yang sudah tidak diragukan kemampuannya. Dalam memimpin organisasi besar di Jawa Barat, Kang Emil mampu menyelesaikan beragam persoalan. ”Ada banyak persoalan di Jawa Barat. Dari A sampai Z,” ujarnya.

Rekomendasi