Harga Cabai Naik Hingga 100 Persen, Ini Dia Penyebabnya

| 14 Jul 2022 16:25
Harga Cabai Naik Hingga 100 Persen, Ini Dia Penyebabnya
Cabai (Antara)

ERA.id - Harga cabai di pasar tradisional di Kota Tangerang, Banten, masih tinggi. Tercatat, kenaikan harga cabai terjadi sejak Mei 2022 dengan persentase hingga mencapai 100 persen.

Direktur Perusahaan Daerah (PD) Pasar Kota Tangerang, Titin Mulyati, mengatakan pada bulan Mei harga cabai merah keriting dari Rp30 ribu menjadi Rp60 ribu per kilogram, cabai merah besar dari Rp40 ribu menjadi Rp70 ribu per kilogram.

"Mulai ada kenaikan pada Mei, lalu di cabai rawit merah dari Rp35 ribu menjadi Rp70 ribu, serta cabai rawit hijau dari Rp35 ribu menjadi Rp65 ribu," ujarnya, Kamis (14/7/2022).

Titin menjelaskan, ada beberapa faktor yang menyebabkan kenaikan harga pada komoditas cabai di wilayahnya tersebut. Salah satunya, cuaca kemarau basah yang mengakibatkan gagal panen.

"Sebenarnya ada beberapa faktor, pertama momen hari raya Iduladha, kebutuhan masyarakat akan cabai meningkat. Selanjutnya, harga pupuk yang cenderung mengalami kenaikan, dan intensitas hujan yang tinggi, sehingga mengakibatkan tanaman mudah terkena jamur serta virus," paparnya.

Titin menuturkan, pihaknya akan terus melakukan koordinasi dengan Kementerian Pertanian terkait untuk menekan harga cabai di Kota Tangerang.

"Sampai saat ini kami masih melakukan koordinasi dengan Kementerian Pertanian. Semoga ada solusi terbaik," ucapnya.

Dalam catatannya pada 13 Juli 2022 kini, harga komoditas cabai di Kota Tangerang rata-rata mencapai Rp118 ribu per kilogram untuk cabai merah keriting, Rp68 ribu per kilogram untuk cabai merah besar, Rp118 ribu per kilogram untuk cabe rawit merah, dan Rp98 ribu per kilogram untuk cabe rawit hijau.

Sementara itu, Kepala Bidang Perdagangan pada Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, dan UKM (Perindagkop-UKM) Kota Tangerang, Shandy Sulaeman, menambahkan, pihaknya terus melakukan pemantauan dan pendampingan kepada pengelola pasar terkait harga cabai yang tersedia di pasaran.

"Kami melakukan pendampingan agar bagaimana momen kenaikan harga cabai ini tidak dijadikan monopoli. Kemudian kami pun terus melakukan komunikasi dengan Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kota Tangerang terkait ketersediaannya," tambahnya.

Rekomendasi