Banyak Event Internasional di Solo, Jadi Penggerak Sektor Ekonomi Kreatif

| 28 Jul 2022 06:05
Banyak Event Internasional di Solo, Jadi Penggerak Sektor Ekonomi Kreatif
Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka (Amalia Putri/Era.id)

ERA.id - Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengatakan penyelenggaraan event baik nasional maupun internasional selama ini mampu menggeliatkan sektor ekonomi kreatif. Salah satunya yakni ASEAN Para Games (APG) 2022 yang digelar di kota Solo yang bisa menggeliatkan sektor ekonomi kreatif.

Hal ini disampaikan Gibran saat ditemui di Balai Kota Solo, Rabu (27/7/2022). Menurutnya semua sektor menggeliat dengan adanya gelaran ASEAN Para Games 2022 ini.

”Sektor ekraf hampir semua menggeliat. Misalnya salah satunya ada pembuatan suvenir yang dibuat pengrajin wayang kulit. Jadi orderannya bisa banyak, katanya.  

Apalagi saat ini banyak pelaku UMKM yang dilibatkan dalam pembuatan suvenir untuk seluruh kontingen. ”Pengaruh banget. Banyak pelaku UMKM di Solo,” ucapnya.

Selain itu sektor perhotelan juga terkena dampak positif dari event ini. Ada sebanyak 17 hotel yang dilibatkan sebagai lokasi penginapan kontingen tamu dari 11 negara yang menjadi peserta.

”Hotel, penyewaan mobil, semua kebagian,” katanya.

Sebagai informasi APG 2022 digelar di kota Solo dan diikuti oleh sebanyak 1.283 atlet dari 11 negara. Rincian peserta yang ikut yakni Malaysia, Singapura, Indonesia, Thailand, Vietnam, Laos, Kamboja, Brunei Darussalam, Filipina hingga Timor Leste.

Untuk 14 cabang olahraga (cabor) yang dipertandingkan yakni paraatletik, parabadminton, paracatur, paraangkat besi, pararenang, paratenis meja, boccus, parapanahan, sepak bola CP, goalball, basket kursi roda, tenis kursi roda, blind judo, dan voli duduk.

Rekomendasi