Gaya Kompak Para Menteri Nyoblos dengan Outfit Hitam, Ada Retno Marsudi hingga Nadiem Makarim

| 14 Feb 2024 18:50
Gaya Kompak Para Menteri Nyoblos dengan Outfit Hitam, Ada Retno Marsudi hingga Nadiem Makarim
Gaya kompak menteri berbusana hitam (Twitter: @timpenguinnas)

ERA.id - Sejumlah menteri terlihat kompak mengenakan outfit senada saat memberikan hak suaranya di tempat pemungutan suara (TPS) di domisilinya masing-masing, pada Rabu (14/2/2024). 

Mulai dari Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia, Nadiem Makarim, hingga Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono terpantau mengenakan busana hitam. 

Kabar ini pun diunggah akun Twitter dan sempat viral karena sudah dilihat satu juta kali penayangan. 

"Waduh, Bu Retno & Sri Mulyani sekeluarga pakai outfit hitam dan putih," tertulis dalam cuitan @timpenguinnas. 

Di momen itu, Menkeu Sri Mulyani datang ke TPS 73 di Bintaro Jaya, ditemani suaminya mengenakan busana serba hitam ditemani Tonny Sumartono yang menggunakan baju putih. 

Kemudian Retno Marsudi bergaya dengan blouse bernuansa hitam dan putih sebelum dia memasukkan surat suara ke kotak KPK di TPS domisilinya. 

Pada kesempatan lain, ditampilkan pula potret Basuki yang mengenakan outfit bermotif hitam putih sambil pamer tinta ungu di kelingking. 

Begitu pula pada akun instagram Nadiem Makarim yang memperlihatkan foto dirinya berada di dekat kotak suara sambil mengenakan outfit hitam putih. 

Melihat beberapa potret para menteri yang terlihat kompak mengenakan busana bernuansa hitam, netizen pun berspekulasi kalau ada makna di balik outfit yang mereka kenakan. 

"Outfit hitam sebagai bentuk duka terhadap demokrasi," kata akun @Dosen_ida***.

"Kalau pakai baju putih, merah, biru, hijau pasti bakal merujuk ke paslon tertentu, paling bener ya baju hitam," kata akun @bsklurus. 

"Apakah hitam menandakan mereka berkabung akan redupnya demokrasi?" jelas pemilik akun @far**. 

Selain spekulasi yang muncul di tengah netizen, beberapa yang lain juga kerap menyama-nyamakan outfitnya karena pada saat nyoblos tidak sedikit pula yang kebetulan memakai outfit serba hitam seperti para menteri. 

Rekomendasi