Nuansa Etnik dalam Karya 6 Desainer Lokal Melenggang Cantik di Jakarta Fashion Week 2021

Tim Editor

Jakarta Fashion Week 2021 (Foto: Instagram/@jfwofficial)

ERA.id - Hadirkan Desainer Berbakat, Wonderful Indonesia Usung Tema Etnik di Jakarta Fashion Week 2021

Di setiap tempat wisata Indonesia, bukan hal yang baru lagi melihat simbol Wonderful Indonesia ada di setiap sisinya. Bahkan yang lebih membanggakan lagi, Wonderful Indonesia kini ikut serta dalam acara Jakarta Fashion Week 2021.

Wonderful Indonesia menghadirkan sejumlah koleksi yang menggandeng dua desainer, yakni Albert Yanuar dan Yosafat Dwi Kurniawan. Ada pun tiga brand lokal lainnya, yakni  Batik Chic, ETU, dan KAMI.

Desainer ternama Albert Yanuar mengusung konsep memori. Ia mengaku mendapatkan inspirasi dari negeri sendiri dan kehidupannya yang menyukai travelling.

"Memori, memang aku suka travelling dan itu dituangkan dalam busana jadi bikin kayak 3D. Kalau misalnya liat gitu timbul motifnya. Saya mendapatkan inspirasi dari negeri sendiri," ungkap Albert Yanuar Virtual Press Conference at JFW 2021 via Zoom pada Selasa (24/11/2020).

Lebih lanjut, Albert mengatakan jika konsep desain yang akan dibawakan pada Jakarta Fashion Week 2021 belum ada yang pernah membawakannya. Selain itu, ia mengatakan jika bahan busana menggunakan bahan organik limbah yang didaur ulang.

"Aku bordir dan belum ada yang pakai kayanya. Ini dari bahan organik limbah bisa diulang dan sustainable banget. Ini pesan buat teman-teman alami sangat baik. Kita konsen dan memperhatikan tubuh," tutur Albert Yanuar.

Desainer Yosafat Dwi Kurniawan memutuskan membawakan kain-kain dari kampung halamannya, Pekalongan. Menurutnya, busananya kali ini terdapat filosofi yang etnik.  

"Aku memutuskan develop kain-kain di halaman aku dulu dipekalongan. Aku bikin sndiri dengan filosofi dan mau koleksinya temporer. Jadi koleksi ini batiknya nggak berwarna tetap berkesan dengan warnanya etnik," tutur Yosafat Dwi Kurniawan.

Selain itu, brand KAMI akan membawakan konsep revire tentang pergulatan batin. Dimana, saat ini seluruh dunia berjuang untuk melawan pandemi COVID-19. Ada pun brand ETU Kami akan membawakan tema Indonesia. Ia menyatukan Jawa Batik dengan Dayak Sulam Manta dari rotan. Selain itu, desainer ingin batik paling kontemporer dan etnik.

"Mirip dengan yosafat, banda harta karun. Untuk tema indonesia dibawa kami, kami jarang banget bawa indonesia. Aku satuin dari Jawa batik, dayak sulam manta dari rotan. Aku mau ambil motif, pengen batik paling kontemporer dan etnik. Orang mau etnik itu tidak luas kayak biasa-biasa aja. Aku ambil motif baik kayak Sikaung, Parangtritis" tutur desainer Karin, KAMI.

Sementara, brand Batik Chic akan berkesperimen membawakan batik lawangsewu. Brand ini akan berkesperimen dengan variasi motif combate dengan gambar merak. 

Para pencinta fashion bisa menyaksikan fashion show, cerita di balik panggung, dan beragam konten menarik dari Jakarta Fashion Week 2021 secara livestream di microsite JFW, TV dan kanal resmi Jakarta Fashion Week lainnya.

Puluhan desainer dan label ternama Indonesia terlibat dalam pagelaran fesyen era baru yang berlangsung di Senayan City.

Termasuk, desainer dan label Indonesia Fashion Forward, Dewi Fashion Knights, hingga para desainer muda lewat Lomba Perancang Aksesori 2020 dan Lomba Perancang Mode Menswear 2020.

Tag: Jakarta Fashion Week 2021

Bagikan: