Oscar Tolak Mentah-mentah Permintaan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy Tampil Selama Acara

| 10 Mar 2023 15:20
Oscar Tolak Mentah-mentah Permintaan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy Tampil Selama Acara
Oscar tolak Zelenskyy (instagram/zelenskiy_official)

ERA.id - Oscar secara terang-terangan menolak permintaan presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy untuk tampil selama acara. Penolakan ini datang kedua kalinya setelah tahun lalu Zelenskyy juga ditolak. 

Menurut laporan Variety, sumber dari agen WME Mike Simpson mengajukan permohonan ke pihak Academy untuk memasukkan Zelenskyy ke rangkaian acara. Tetapi pengajuan itu ditolak mentah-mentah oleh pihak Academy. 

Pihak Academy enggan berkomentar mengenai penolakan ini. 

Penawaran Zelenskyy untuk Oscar datang ketika jajak pendapat menunjukkan dukungan orang Amerika untuk memberikan bantuan ke Ukraina telah melemah.

Menyusul invasi Rusia ke Ukraina pada Februari 2022, Zelenskyy muncul melalui satelit di festival film Cannes dan Venesia serta Grammy Awards dan secara virtual membunyikan Bel Pembukaan Bursa Efek New York pada bulan September. 

Selama acara Golden Globes pada bulan Januari, Sean Penn memperkenalkan Zelenskyy, yang menegaskan kembali pesannya selama lebih dari 12 bulan terakhir bahwa Ukraina akan memenangkan perang melawan Rusia. 

Tahun lalu, produser Oscar Will Packer membatalkan penampilan Zelenskyy. Sumber mengatakan Packer menyatakan keprihatinannya bahwa Hollywood hanya menghujani Ukraina dengan perhatian karena mereka yang terkena dampak konflik adalah orang kulit putih.

Tidak diketahui secara pasti apa alasan penolakan Oscar tahun ini, namun, Academy secara tradisional lebih memilih untuk fokus pada kontribusi komunitas pembuat film dan menghindari politik apa pun.

Sementara itu, Oscar bukanlah satu-satunya kelompok yang menolak Zelenskyy. Pada bulan September, tim Zelenskyy membuat penawaran ke Festival Film Toronto tentang pemimpin yang muncul melalui satelit, tetapi ditolak. 

Seorang juru bicara TIFF mengatakan pada saat itu bahwa festival tersebut “tidak mengomentari diskusi dengan pejabat tinggi, pejabat pemerintah atau kedutaan internasional.” 

Juru bicara tersebut menambahkan bahwa festival tersebut berdiri dalam solidaritas dengan warga Ukraina baik di dalam maupun luar negeri dan dengan bangga menampilkan kedalaman dan kreativitas pembuat film Ukraina di festival tahun ini.

Pada bulan Desember, Zelenskyy mengunjungi AS untuk bertemu dengan Presiden Biden dan mendesak Kongres untuk mengirim lebih banyak bantuan militer ke Ukraina.

Sementara itu, acara puncak Oscar 2023 akan berlangsung pada 13 Maret mendatang dan disiarkan langsung dari Dolby Theater Los Angeles, Amerika Serikat.

Rekomendasi