Berpartisipasi di Festival Sinema Paris 2023, Sutradara Ifa Ifansyah Ungkap Rasa Bangganya

| 10 Nov 2023 14:04
Berpartisipasi di Festival Sinema Paris 2023, Sutradara Ifa Ifansyah Ungkap Rasa Bangganya
Konferensi pers Festival Sinema Paris 2023 (Foto: Era.id/Adelia)

ERA.id - Sutradara Ifa Ifansyah mengungkapkan rasa bangganya karena berpartisipasi dalam road to festival film di Festival Sinema Paris (FSP) 2023. Selama acara, Festival Sinema Prancis 2023 akan menayangkan lebih dari 20 film Prancis dari berbagai genre.

Berbagai film diputar di 14 kota secara diseluruh Indonesia, serta 10 film yang diakses secara daring melalui platform KlikFilm. Sutradara Ifa Ifansyah mengungkapkan semakin banyak adanya festival film, membuat masalah tapi positif.

"Kita beruntung, saat ini distributor film semakin terbuka. Kalau dulu, untuk menonton film peraih Palme d'Or, saya tidak tahu kapan bisa menontonnya," kata Ifa Ifansyah, saat ditemui di Jl M.H Thamrin, Gondangdia, Menteng, Jakarta Pusat pada Kamis (9/11/2023).

"Tapi, saat ini, semua terbuka. KlikFilm bahkan sudah menayangkan Titane peraih Palme d'Or 2021 dan Triangle Of Sadness peraih Palme d'Or 2022," lanjutnya.

Konferensi pers Festival Sinema Paris 2023
Konferensi pers Festival Sinema Paris 2023

Pembuat film diberi kesempatan untuk mengambil pendekatan personal (personal film), dengan menerapkan atau menggali sumber daya teknik untuk keindahan untuk mengambil hati para audience.

"Film lebih bagus dan penting jika memperhatikan dari audience. Apalagi, karakter audience itu berbeda. Banyak juga film yang membentuk karakter pemain berbeda-beda juga. Jadi, secara perspektif distribusi itu tahu dan jadi ruang kerjasama," bebernya.

"Kalau film-film di Asia, seperti China, Jepang, Korea Selatan, tentu Asia Tenggara sudah kelewatan. Disini kita punya distributor, terbuka dan dapat diputar di banyak titik. Distributor ada celah mendistribusikan," lanjutnya.

Konferensi pers Festival Sinema Paris 2023
Konferensi pers Festival Sinema Paris 2023

Festival Sinema Paris 2023 menyajikan dunia visual yang sangat khas, terutama dengan adanya unsur ketegangan, horor dan darah yang bertujuan memicu ketegangan para penonton dan merayakan keragaman berntuk penyutradaan yang mendefinisikan sinema Prancis.

"Sinema Paris 2023 bahkan peduli dengan sinema-sinema lain. Karakter dari bangsa lain emang penting sebagai discover. Jendela itu dibuka, mereka benar-benar membukakan jendela untuk kita." tuturnya.

KlikFilm dan Institut Francais Indonesia (IFI) berkolaborasi, menghadirkan Festival Sinema Prancis (FSP) 2023. Festival ini akan berlangsung secara hybrid, yaitu secara luring di 14 kota di Indonesia dan daring di KlikFilm, mulai tanggal 17 hingga 26 November 2023.

Festival Sinema Prancis 2023 mengusung tema Palme d'Or, yaitu penghargaan tertinggi di Festival Film Cannes. Tema ini dipilih untuk merayakan keragaman dan kreativitas sinema Prancis yang telah menorehkan prestasi di kancah internasional.

Selama acara, Festival Sinema Prancis 2023 akan menayangkan lebih dari 20 film Prancis dari berbagai genre, yang diputar di 14 kota secara diseluruh Indonesia, serta 10 film yang diakses secara daring melalui platform KlikFilm.

Rekomendasi