Optimalkan Program Kolaborasi, Langkah Konkret Bantu Negara Penuhi Hak Kesehatan Anak

| 12 Apr 2023 15:30
Optimalkan Program Kolaborasi, Langkah Konkret Bantu Negara Penuhi Hak Kesehatan Anak
Kegiatan edukasi bersama karyawan untuk menyampaikan pengetahuan tentang pentingnya menjaga personal hygiene sejak dini (Dok. Guardian)

ERA.id - Berdasarkan studi literatur dan konsensus ahli yang dilakukan oleh Health Collaborative Center (HCC), menunjukkan bahwa masih ada hak kesehatan anak Indonesia yang hingga kini masih belum terpenuhi. Adapun salah satu diantaranya yaitu ketersediaan dan akses layanan kesehatan anak yang belum optimal.

Pemenuhan kesehatan dasar dan kebersihan merupakan hal yang sangat penting untuk menunjang tumbuh kembang anak. Inisiasi dan kolaborasi perlu dilakukan untuk membantu negara memaksimalkan upaya pemenuhan kesehatan anak Indonesia.

Sejalan dengan hal tersebut, Direktur Guardian Indonesia, Naresh Kalani mengatakan, setiap anak berhak mendapatkan akses kesehatan yang terbaik. Untuk itu pihaknya fokus melakukan gerakan pada program kebersihan dan kesehatan untuk anak-anak.

"Nama programnya ‘A Day in Guardian’. Ini merupakan kegiatan edukasi bersama karyawan  untuk menyampaikan pengetahuan tentang pentingnya menjaga personal hygiene sejak dini, pentingnya mandi dan cuci tangan, pengenalan profesi apoteker, kunjungan dan belanja bersama, serta pemberian donasi produk sabun dan produk kesehatan kepada anak-anak prasejahtera," ujar ujarnya mewakili PT Hero Supermarket Tbk (HERO Group).

Seluruh kegiatan tersebut dilakukan di Sekolah Dasar peserta dan gerai terdekat untuk praktek langsung bagaimana memilih produk personal hygiene dasar yang penting khususnya untuk anak-anak. Di samping itu, tujuannya juga untuk meningkatkan akses dan kualitas pelayanan kesehatan di Indonesia agar dapat berkontribusi untuk memberi dukungan kepada anak-anak Indonesia.

"Kali ini, bersamaan dengan program ‘Berbagi Kebahagiaan di Bulan Suci’, kami melibatkan anak-anak prasejahtera di beberapa Sekolah Dasar area Jakarta. Program ini resmi diluncurkan pada Desember 2022. Kami berkomitmen untuk memberikan dampak positif seiring dengan pertumbuhan," sambungnya.

Dalam kesempatan yang sama, Head of Marketing Guardian Indonesia, Malvin Tarigan menjelaskan, kegiatan interaktif dan inspiratif meliputi edukasi kesehatan dasar, pengenalan profesi, berkunjung dan belanja bersama.

“Kami ingin menyebarkan energi positif dengan berbagi kebahagiaan sehingga keberadaan kami dapat dirasakan langsung oleh masyarakat”, tutup Malvin.

Rekomendasi