7 Makanan Sehat Bantu Cegah Demam Berdarah

| 25 Mar 2024 16:10
7 Makanan Sehat Bantu Cegah Demam Berdarah
Ilustrasi makanan sehat bantu cegah demam berdarah (Foto: Freepik/indstudio)

ERA.id - Kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) meningkat di beberapa kabupaten dan kota beberapa waktu belakangan ini. Faktor pemanasan global yang melanda di Indonesia menjadi salah satu alasan peningkatan kasus DBD saat ini.

Itulah sebabnya sangat penting mencegah DBD daripada mengobati. Pencegahan paling mudah dilakukan adalah mengonsumsi makanan sehat guna meningkatkan sistem imun tubuh.

Berikut 7 makanan yang wajib kamu konsumsi untuk mencegah DBD, seperti dilansir dari laman NDTV.com.

1. Jeruk

Jeruk kaya akan vitamin C yang membantu membangun kekebalan yang kuat. Vitamin C membantu produksi sel darah putih merupakan sel pelawan penyakit dalam tubuh. Makanan ini juga kaya akan antioksidan yang melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Beberapa makanan jeruk termasuk- lemon, jeruk, jeruk bali, kiwi dan banyak lagi.

2. Bawang Putih

Bawang putih menambah rasa yang kuat pada makanan. Ini adalah bagian dari hampir setiap dapur India. Bawang putih juga dapat berkontribusi pada kekebalan yang lebih baik.

Ini dapat membantu melawan infeksi. Bawang putih juga memiliki sifat antibakteri dan antijamur. Kehadiran belerang dalam bawang putih berkontribusi terhadap kekebalan yang lebih baik.

3. Yogurt

Yogurt adalah probiotik kuat yang merangsang fungsi sistem kekebalan tubuh. Kamu dapat menikmati yogurt segar kapan saja sepanjang hari. Ini akan menjadi suguhan menyegarkan untuk yang sarat dengan manfaat kesehatan. Yogurt juga akan membantumu meningkatkan kesehatan pencernaan.

4. Bayam

Bayam adalah salah satu sayuran berdaun hijau yang paling sehat. Sayuran berdaun harus menjadi bagian penting dari menu pilihan utama. Bayam kaya akan vitamin C, antioksidan, dan beta-karoten yang membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Bayam juga kaya akan serat yang dapat membantu menurunkan berat badan.

5. Kacang almond

Kacang-kacangan adalah pilihan yang sehat untuk dikonsumsi. Untuk meningkatkan kekebalan tubuh, kamu dapat mengonsumsi kacang almond karena kaya akan vitamin E. Almond kaya akan banyak nutrisi. Sedikit kacang almond sehari juga dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung.

6. Kunyit

Kunyit adalah bumbu emas yang kaya akan khasiat obat. Kunyit juga dapat membantu meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh. Bumbu ini sarat dengan sifat anti-inflamasi. Kamu bisa menambahkan sedikit kunyit ke dalam susu atau menyiapkan teh kunyit. Itu juga bisa ditambahkan ke makanan yang berbeda.

7. Jahe

Jahe memiliki rasa yang kuat yang digunakan untuk menambah rasa pada teh. Jahe juga merupakan makanan yang meningkatkan kekebalan tubuh. Jahe sangat membantu dalam mengobati sakit tenggorokan, radang, mual dan gejala demam berdarah lainnya.

Rekomendasi