Cara Sederhana Cegah Kolestrol Tinggi Setelah Lebaran, Perbanyak Aktivitas Fisik!

| 10 Apr 2024 09:30
Cara Sederhana Cegah Kolestrol Tinggi Setelah Lebaran, Perbanyak Aktivitas Fisik!
Ilustrasi kolesterol tinggi (Unsplash)

ERA.id - Makanan lebaran seperti daging dan kue yang kaya akan lemak dan gula, dapat meningkatkan kadar kolesterol tinggi.

Dengan demikian, bagi para penderita kolesterol harus tetap memperhatikan makanan yang dikonsumsi ketika lebaran agar tidak berdampak buruk pada tubuh.

 Dilansir dari Health Direct, bagi penderita kolesterol, ketika mengonsumi makanan berbahan dasar daging merah di momen lebaran harus dibarengi dengan mengonsumsi makanan kaya akan serat. Makanan dengan serat tinggi adalah sayur dan buah.

Sayuran dan buah-buahan yang kaya akan serat ini dapat membantu menurunkan kadar kolesterol yang tinggi pada tubuh. Tak hanya itu, serat juga dapat membantu mengendalikan gula darah dalam tubuh dan menjaga berat badan.

Selain konsumsi makanan kaya akan serat, harus juga aktif melakukan aktivitas fisik atau berolahraga. Tidak perlu yang berat, cukup tetap menggerakkan badan dengan melakukan aktivitas fisik yang ringan.

Mulai dari berjalan santai hingga bersepeda santai selama kurang lebih 30 menit setiap harinya. Aktivitas fisik yang dilakukan dapat membantu membuang kalori dan menjaga kesehatan jantung.

Dengan melakukan aktivitas fisik juga dapat menurunkan kadar kolesterol yang meninggi, menurunkan kadar glukosa darah, hingga tekanan darah pada tubuh. 

Rekomendasi