Mengenal Post Holiday Blues, Gejala hingga Cara Mengatasinya

| 16 Apr 2024 18:31
Mengenal Post Holiday Blues, Gejala hingga Cara Mengatasinya
Ilustrasi seseorang terkena post holiday blues (Pexels/ Nathan Cowley)

ERA.id - Setelah berjalan cukup panjang, libur lebaran kini telah usai. Kembali beraktivitas seperti biasanya usai liburan biasanya sulit dilakukan bagi sebagian orang dan hal ini biasa disebut dengan post holiday blues.

Post holiday blues adalah istilah yang menggambarkan perasaan tidak menyenangkan yang muncul setelah masa liburan selesai.

Untuk mengenal lebih jauh tentang post holiday blues, simak ulasan berikut dilansir dari Health.

Apa itu post holiday blues?

Post holidays blues merupakan berbagai perasan negatif yang muncul dalam diri setelah masa liburan panjang berakhir. Perasaan tersebut bisa berupa kesedihan, kesepian, kecewa, lelah, hingga tidak adanya rasa semangat kembali menjalani aktivitas sebelum liburan.

Penyebab terjadinya post holiday blues bisa berbeda-beda setiap orang. Namun, penyebab utama gangguan ini berkaitan dengan liburan yang dijalani.

Kegiatan selama liburan yang melibatkan emosi menyenangkan sehingga memicu produksi hormon serotonin atau dopamin. Ketika masa liburan berakhir, hormon tersebut pun berkurang karena aktivitas yang dilakukan berbeda sehingga memicu emosi yang negatif.

Gejala yang timbul

Jika terkena post holiday blues terdapat beberapa gejala yang timbu pada diri seseorang. Mulai dari merasakan kecemasan, mudah marah, sulit tidur, tidak nyaman atau cemas, hingga perasaan rindu mendalam pada liburan yang dilakukan.

Cara mengatasinya

Untuk mengatasi post holiday blues terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan. Mulailah untuk melakukan aktivitas dengan intensitas yang ringan dahulu, agar tidak semakin memberatkan pikiran dan tubuh yang masih teringat akan liburan.

Usahakan untuk tidur yang cukup di malam hari, konsumsi makanan sehat, dan berolahraga rutin. Hal lain yang bisa dilakukan adalah tetap berkomunikasi dengan orang-orang yang ditemui selama liburan agar perasaan nyaman meningkat.

Rekomendasi