Bisa Jadi Pilihan, Ini Jenis Olahraga yang Minim Cedera Sesuai Rekomendasi Dokter

| 18 Jul 2024 07:05
Bisa Jadi Pilihan, Ini Jenis Olahraga yang Minim Cedera Sesuai Rekomendasi Dokter
Ilustrasi renang (Pexel)

ERA.id - Ketika berolahraga pastinya akan rentan dengan cedera pada bagian tubuh. Meski demikian, tak perlu khawatir karena ternyata ada olahraga yang minim menyebabkan cedera jika dilakukan.

Hal ini diungkapkan oleh Dokter Spesialis Orthopedi, Dr Fajar Mahda, SpOT (K). Ia mengatakan bahwa renang merupakan olahraga yang minim mengakibatkan cedera.

“Usia kita disarankan berenang ya,” kata Dokter Fajar saat ditemui di kawasan Palmerah, Jakarta, pada Selasa (16/7/2024).

Dokter Fajar mengatakan bahwa renang merupakan olahraga yang memang menggerakkan otot tubuh secara keseluruhan. Namun, berenang tidak memberikan beban pada sendi tubuh.

“Itu adalah olahraga yang menggerakkan otot ligamen tanpa memberikan beban ke sendinya,” sambungnya.

Selain berenang, olahraga lain yang minim mengakibatkan cedera adalah bersepeda. Ini karena bersepeda juga tidak terlalu membebani sendi dan malah memperkuat otot terutama pada kaki.

“Sepeda masih bagus, karena sendi nggak terima banyak beban,” tuturnya.

Namun, Dokter Fajar juga mengingatkan jika olahraga-olahraga lainnya sudah tidak cocok untuk dilakukan karena khawatir cedera, maka berenang menjadi pilihan utama.

“Tapi sarannya, kalau lari sudah nggak cocok, sepeda sudah nggak enak, main bulu tangkis sakit, ya pilihan terakhirnya berenang,” pungkas Dokter Fajar.

Rekomendasi