Mudah Dilakukan, 5 Jenis Olahraga yang Membuatmu Terlihat Awet Muda

| 17 Jul 2024 20:50
Mudah Dilakukan, 5 Jenis Olahraga yang Membuatmu Terlihat Awet Muda
Ilustrasi olahraga (Freepik/Andrea Piacquadio)

ERA.id - Olahraga memiliki sejutaan manfaat untuk kesehatan. Selain sehat dan bugar, olahraga juga mempengaruhi DNA. Ada hubungan langsung antara olahraga dan DNA.

DNA adalah asam deoksiribonukleat di dalam sel, bahan yang bertanggung jawab atas reproduksi, pertumbuhan, perkembangan, dan berfungsinya sel-sel tubuh. Seiring bertambahnya usia, jumlah telomer yang dihasilkan tubuh manusia normal menurun. Hal ini dapat mengganggu proses perbaikan DNA yang mengakibatkan kerusakan sel dan penuaan.

Ada pun latihan khusus dapat meningkatkan produksi telomer, mencegah kerusakan DNA, dan membantu mempertahankan masa muda. Para peneliti menyatakan mengambil bagian dalam latihan kekuatan dan daya tahan dapat melepaskan molekul energi tertentu yang menambah produksi telomer di otot rangka kita.

Proses pengembangan dan pembaruan telomer, memastikan fungsi sel dengan baik, yang membantu membuat kita terlihat muda. Secara umum, aktivitas fisik bisa membuat organ tubuh jadi sehat, seperti jantung, paru-paru, dan otot.

Olahraga meningkatkan sirkulasi oksigen dan nutrisi dalam aliran darah dan organ vital. Hal ini memberi kulit semakin hidup dan tampilan serta tubuh terlihat lebih muda.

Berikut 5 olahraga yang bisa membantumu tetap awet muda dan bugar, seperti dilansir dari laman Kims Health.

1. Latihan Kekuatan

Kamu perlu memikirkan kembali jika merasa latihan kekuatan terkesan macho atau hanya bisa dilakukan oleh atlet dan binaragawan. Pengangkatan ringan tidak akan membuat ototmu menjadi besar, melainkan akan membantu menjaga tubuh tetap kuat.

Pakar kebugaran mengatakan jika kamu tidak menggunakan ototmu, seiring waktu kamu akan kehilangan kekuatan. Selain itu, otot membantu membakar kalori. Artinya, jika kamu memiliki lebih banyak otot, tentunya akan membakar lebih banyak kalori. Mulai ikut latihan kekuatan dengan beban ringan, misalnya, 1 atau 2 pon. Jika dapat mengangkat beban 10 kali, tingkatkan dengan 1 atau 2 pon lagi.

2. Tai Chi

Suatu bentuk seni bela diri yang dipraktikkan di Tiongkok, Tai Chi, menggabungkan gerakan yang bagus untuk fisik dan pikiran. Tai Chi juga disebut sebagai "meditasi dalam gerakan", termasuk gerakan tubuh halus yang dengan mudah dilakukan oleh orang-orang dari segala kelompok usia.

Berfokus pada keseimbangan, Tai Chi sangat ideal untuk individu di usia paruh baya, karena orang sering cenderung kehilangan keseimbangan seiring bertambahnya usia. Saat ini, ada banyak klub dan pusat kebugaran yang menawarkan kelas Tai Chi.

3. Berenang

Berenang tidak hanya memberikan latihan seluruh tubuh, tetapi juga membantu menyembuhkan nyeri sendi dan meningkatkan mobilitas. Dokter setuju bahwa berenang adalah latihan yang sangat baik untuk orang yang menderita radang sendi. Penelitian juga menunjukkan  berenang dapat meningkatkan suasana hati dan memperbaiki kondisi mental seseorang. Ketika kamu memiliki pikiran yang segar dan tubuh yang cair, kamu secara otomatis akan terlihat muda.

4. Push Up

Push up dapat membuat tubuh yang bugar dan ramping dalam waktu yang sangat singkat. Kebanyakan orang tahu apa itu push-up, tetapi melakukan latihan klasik ini dengan benar tidak semua orang bisa. Saat melakukan push-up, ingatlah untuk mengarahkan jari-jari ke dalam. Ini akan melindungi bahu saat  menurunkan tubuh. Untuk mendapatkan manfaat penuh dari latihan ini, gunakan kakimu setiap saat.

5. Berjalan Kaki

Berjalan kaki dapat memperkuat tulang,  menjaga tekanan darah tetap terkendali, meningkatkan kadar kolesterol, membantu tubuh tetap langsing. Latihan sederhana ini mengemas banyak manfaat bagi orang-orang dari segala usia.

Menurut beberapa penelitian yang dilakukan selama bertahun-tahun, berjalan dapat mencegah kehilangan memori seseorang, dan juga meningkatkan fungsi terkait memori. Ketika mendapatkan begitu banyak dari latihan sederhana ini, kamu yakin bahwa itu akan membantumu tetap terlihat awet muda.

Rekomendasi