Terungkap! Ini Beda Gejala COVID-19 Pada Pria dan Wanita

| 08 Aug 2021 21:43
Terungkap! Ini Beda Gejala COVID-19 Pada Pria dan Wanita
Ilustrasi (Antara)

ERA.id - Sebuah studi terbaru mengemukakan infeksi virus corona (COVID-19) dapat menimbulkan gejala yang cenderung berbeda bagi perempuan dan laki-laki.

Selain itu, terdapat gejala awal saat orang-orang yang dirasakan seseorang saat terpapar.

Seperti dilansir laman Bournemouthcho, Minggu (8/8/2021), penelitian tersebut dilakukan oleh tim peneliti di Kings’s College London (KCL) dengan melihat data dari aplicais Zoe Covid Symptom.

Disebutkan bahwa pria cenderung mengalami sesak napas, kelelahan, kedinginan, dan demam saat terinfeksi Covid-19. Sementara bagi perempuan, seringkali melaporkan gejala berupa kehilangan indera penciuman, nyeri dada, dan batuk terus menerus.

Selain itu, bagi orang-orang berusia 60 tahun ke atas sering mengalami gejala diare. Meski demikian, kehilangan kemampuan indera penciuman jarang terjadi pada kelompok usia ini.

Temuan yang dipublikasikan dalam jurnal Lancet Digital Health ini didasarkan pada pemodelan menggunakan kecerdasan buatan untuk memprediksi tanda-tanda awal Covid-19.

Penulis utama studi, Claire Steves mengatakan bahwa penting bagi orang-orang untuk mengetahui gejala awal yang lebih luas dan mungkin berbeda bagi masing-masing individu.

"Panduan pengujian dapat diperbarui untuk memungkinkan kasus diambil lebih awal, terutama dalam menghadapi varian baru yang sangat mudah menular,” ujar Steves.

Secara keseluruhan, tim peneliti memeriksa 18 gejala berbeda yang terkait dengan COVID-19. Tanda-tanda awal termasuk diantaranya adalah kehilangan indera penciuman, nyeri dada, batuk terus-menerus, sakit perut, ruam pada kaki, nyeri mata, dan nyeri otot yang tidak biasa.

Selain itu, ara ilmuwan juga menemukan demam bukanlah ciri awal penyakit pada kelompok usia manapun, meskipun merupakan gejala yang umum diketahui.

Rekomendasi