Bersitegang Sejak 2018, Arab Saudi dan Kanada Sepakat Perbaiki Hubungan Diplomatik

| 25 May 2023 14:05
Bersitegang Sejak 2018, Arab Saudi dan Kanada Sepakat Perbaiki Hubungan Diplomatik
Ilustrasi bendera Kanada dan Arab Saudi. (Albawaba)

ERA.id - Kanada dan Arab Saudi telah sepakat untuk mengakhiri perselisihan sejak tahun 2018 dan memulihkan hubungan diplomatik mereka serta menunjuk duta besar masing-masing.

"Telah diputuskan untuk mengembalikan tingkat hubungan diplomatik dengan Arab Saudi ke tingkat sebelumnya," kata Kementerian Luar Negeri Kanada pada hari Rabu (24/5/2023) dalam sebuah pernyataan seperti dilansir dari Sputnik.

Keputusan itu menyusul pertemuan antara Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau dan Putra Mahkota Mohammed bin Salman bin Abdulaziz Al Saud di sela-sela Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Kerja Sama Ekonomi Asia-Pasifik (APEC) di Bangkok pada November 2022.

Kanada menunjuk Jean-Philippe Linteau sebagai duta besar barunya untuk Riyadh, kata pernyataan itu.

Sebelumnya pada Agustus 2018, Arab Saudi memutus hubungan diplomatik dengan Kanada setelah Kanada mendesak Riyadh untuk segera membebaskan aktivis hak-hak perempuan yang dipenjara.

Menanggapi ikut campur Kanada dalam urusan dalam negerinya, Arab Saudi mengusir duta besar Kanada, menghentikan penerbangan langsung maskapai penerbangan negaranya ke Toronto, menghentikan impor gandum dan jelai Kanada, membekukan hubungan perdagangan dan investasi baru dengan Ottawa, dan mewajibkan siswa Saudi untuk  pindah ke negara lain.

Rekomendasi