Korea Utara Dukung Penuh Invasi Rusia ke Ukraina, Kim Jong Un: Keadilan Pasti Menang!

| 12 Jun 2023 10:16
Korea Utara Dukung Penuh Invasi Rusia ke Ukraina, Kim Jong Un: Keadilan Pasti Menang!
Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un dan Presiden Rusia Vladimir Putin. (Wikimedia Commons)

ERA.id - Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un berjanji dengan Presiden Rusia Vladimir Putin untuk saling "berpegangan tangan" dan meningkatkan kerja sama strategis untuk tujuan bersama membangun negara yang kuat, lapor media pemerintah Korea Utara KCNA pada Senin (12/6/2023).

Kim membuat janji itu dalam sebuah pesan kepada Putin yang menandai Hari Nasional Rusia. Dalam suratnya, Kim membela keputusan Putin untuk menginvasi Ukraina dan menunjukkan dukungan penuh kepadanya.

"Keadilan pasti menang dan rakyat Rusia akan terus menambah kejayaan dalam sejarah kemenangan," kata Kim dalam pesan yang dipublikasikan KCNA.

Kim juga menyerukan "kerja sama strategis yang lebih erat" dengan Moskow. "Berpegangan erat dengan Presiden Rusia, sesuai dengan keinginan bersama rakyat kedua negara untuk memenuhi tujuan besar membangun negara yang kuat," tulisnya.

Korea Utara telah berusaha untuk menjalin hubungan yang lebih dekat dengan Kremlin dan mendukung Moskow setelah menginvasi Ukraina tahun lalu, sembari menyalahkan kebijakan hegemonik Amerika Serikat dan Barat.

Rekomendasi