Detik-Detik Rusia Ledakkan Kyiv dengan Serangan Udara Jelang KTT NATO

| 11 Jul 2023 12:55
Detik-Detik Rusia Ledakkan Kyiv dengan Serangan Udara Jelang KTT NATO
Ilustrasi puing-puing di kota Kyiv, Ukraina. (Wikimedia Commons)

ERA.id - Rusia melancarkan serangan udara di Kyiv pada Selasa (11/7/2023) dini hari, beberapa jam sebelum dimulainya KTT NATO di Lituania, ungkap militer Ukraina.

"Musuh menyerang Kyiv dari udara untuk kedua kalinya bulan ini," kata Kepala Administrasi Militer Kyiv Serhiy Popko dalam sebuah posting di saluran Telegram seperti dilansir dari CNA.

Menurut informasi awal, sistem pertahanan udara Ukraina menembak jatuh semua drone Shahed buatan Iran yang diluncurkan Rusia sebelum mencapai target, kata Popko. Tidak ada informasi segera tentang kerusakan atau korban.

Peringatan serangan udara meledak di Kyiv selama satu jam dan lebih lama di bagian lain timur Ukraina, menurut Angkatan Udara Ukraina.

KTT NATO di Vilnius, yang dimulai pada hari Selasa, akan didominasi oleh dampak invasi Rusia ke Ukraina. Konferensi tersebut akan dihadiri para pemimpin yang akan menyetujui rencana komprehensif pertama NATO sejak akhir Perang Dingin untuk mempertahankan diri dari setiap serangan Rusia.

Rusia telah mencibir NATO dan Amerika Serikat (AS) atas dukungan mereka untuk Ukraina dan memperingatkan bahwa keanggotaan Kyiv di NATO akan ditanggapi dengan reaksi yang "jelas dan tegas".

Invasi Rusia ke negara tetangganya, yang sekarang memasuki hari ke-503 dan tanpa akhir yang terlihat, telah menewaskan ribuan orang, membuat jutaan orang terlantar, dan mengubah banyak kota di timur dan selatan Ukraina menjadi tumpukan puing-puing.

Rekomendasi