Cari Kebebasan, Pria China Nekat Berenang 10 Jam Demi Kabur ke Taiwan

| 27 Jul 2023 19:20
Cari Kebebasan, Pria China Nekat Berenang 10 Jam Demi Kabur ke Taiwan
Ilustrasi peta China dan Taiwan. (Taiwan Times)

ERA.id - Seorang pria China berusia 40-an nekat berenang sejauh 12 km selama 10 jam demi melarikan diri ke Taiwan. Sayang, pelariannya terhenti di Pulau Beigan, Taiwan, usai meminta bantuan turis karena disengat lebah.

Otoritas setempat segera mengambil tindakan setelah mendapatkan laporan. Imigran gelap tersebut langsung dibawa ke pusat kesehatan Beigan untuk mendapatkan perawatan. Ia diketahui membawa makanan kering, pakaian, obat-obatan, dan sejumlah uang China.

Dilansir dari Taiwan Times, Rabu (26/7/2023), pria tersebut mengaku kepada pejabat setempat bahwa ia memulai perjalanannya dari Semenanjung Huangqi di Provinsi Fujian, China, ke Kepulauan Matsu Taiwan dalam upaya mencari kebebasan.   

Kasusnya lalu dipindahkan ke Kantor Kejaksaan Distrik Lienchiang. Dia diselidiki karena melanggar Undang-Undang tentang Hubungan antara Penduduk Daerah Taiwan dan Daerah Daratan.

China dan Taiwan sendiri mulai bersitegang sejak berakhirnya perang saudara di China tahun 1949, sewaktu pasukan Nasionalis Chiang Kai-shek diusir keluar daratan oleh pasukan komunis pimpinan Mao Zedong. Taiwan lalu membangun pemerintahan sendiri, sedangkan China masih menganggap pulau itu bagian dari wilayahnya.

Rekomendasi