Bom Bekas Perang Dunia II Ditemukan di Polandia, 14 Ribu Orang Dievakuasi

| 12 Aug 2023 14:35
Bom Bekas Perang Dunia II Ditemukan di Polandia, 14 Ribu Orang Dievakuasi
Ilustrasi bom perang dunia. (Wikimedia/Royal Air Force official photographer)

ERA.id - Ribuan orang harus dievakuasi sementara ke tempat aman minggu ini setelah kru konstruksi di kota Lublin, Polandia menemukan sebuah bom yang tidak meledak dari Perang Dunia Kedua.

Perintah itu dikeluarkan pada Jumat (11/8/2023) pagi agar ribuan orang dievakuasi dari pusat Lublin, sehari setelah seorang pekerja konstruksi menemukan bom seberat 550 pon yang belum meledak selama penggalian tanah.

Sekitar 14.000 orang dipindahkan, banyak dari mereka diangkut menggunakan bus ke stadion lokal, sedangkan ketentuan khusus dibuat untuk taman kanak-kanak setempat dan orang cacat yang membutuhkan perawatan.

Walikota Lublin Krzysztof Żuk mengatakan kepada media Polandia bahwa tim krisis telah dibentuk setelah bom ditemukan.

"Semua unit kami siap dan bekerja sama erat dengan polisi dan tentara serta Brigade Pemadam Kebakaran, semua layanan bertanggung jawab atas seluruh proses mengamankan dan membuang persenjataan itu," kata Żuk seperti dilansir dari Sputnik. Ia menambahkan bahwa situasinya "di bawah kontrol penuh".

Menurut media lokal, bom tersebut jatuh di lokasi pabrik pesawat pra-Perang Dunia II yang menjadi bagian dari kamp konsentrasi Majdanek setelah Nazi Jerman menduduki daerah tersebut pada tahun 1939.

Rekomendasi