Tinggalkan Pyongyang, Kim Jong Un Bertolak ke Rusia untuk Bertemu Putin

| 12 Sep 2023 11:05
Tinggalkan Pyongyang, Kim Jong Un Bertolak ke Rusia untuk Bertemu Putin
Arsip foto - Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un (kiri) menghadiahkan pedang kepada Presiden Rusia Vladimir Putin sebelum pertemuan keduanya di Vladivostok, Rusia, Kamis (25/4/2019). (Xinhua)

ERA.id - Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un telah meninggalkan Pyongyang dengan kereta apinya untuk mengunjungi Rusia, kata Lembaga Kantor Berita Korea Utara (KCNA), Selasa, menyusul laporan bahwa Kim akan bertemu dengan Presiden Vladimir Putin.

Kim meninggalkan ibu kota Korut itu pada Minggu (10/9), didampingi para pejabat terkemuka Partai Buruh Korea yang berkuasa, pemerintah dan organisasi angkatan bersenjata, menurut laporan terbaru KCNA.

Laporan tersebut tidak memuat rincian tentang kunjungan Kim. Kantor berita Rusia, Tass, mengatakan bahwa Putin tiba di Vladivostok pada Senin (11/9), di mana Forum Ekonomi Timur diselenggarakan.

Kim dan Putin terakhir bertemu pada April 2019 di kota yang terletak di timur Rusia tersebut.

Kunjungan kali ini adalah perjalanan internasional pertama Kim sejak saat itu, ketika Korea Utara menutup perbatasannya akibat pandemi virus korona.

Pertemuan dengan Putin akan menjadi pertemuan puncak pertama Kim dengan seorang pemimpin asing sejak Juni 2019, ketika ia bertemu dengan mantan presiden Amerika Serikat Donald Trump di desa gencatan senjata antar-Korea Panmunjeom.

Rekomendasi