Tak Hanya Indonesia, Udara di Semenanjung Malaysia Tidak Sehat Karena Polusi

| 29 Sep 2023 23:00
Tak Hanya Indonesia, Udara di Semenanjung Malaysia Tidak Sehat Karena Polusi
Asap tipis terlihat menyelimuti pusat kota Kuala Lumpur, Jumat (Antara)

ERA.id - Kualitas udara di 12 wilayah di Semenanjung Malaysia pada Jumat malam, mengalami penurunan di mana level partikel atmosfer berukuran lebih kecil dari 2,5 mikron (PM2.5) berada pada kategori tidak sehat.

Berdasarkan data dari Sistem Manajemen Indeks Polusi Udara yang dikeluarkan Departemen Lingkungan Hidup Malaysia hingga pukul 21.00 waktu setempat (20.00 WIB), Indeks Polusi Udara (IPU) di Cheras, Wilayah Persekutuan Kuala Lumpur, pada level paling tidak sehat mencapai 154.

Selanjutnya, wilayah dengan IPU pada level tidak sehat adalah Kuala Selangor, Selangor, mencapai 153. Lalu Petaling Jaya, Selangor, yang mencapai 152, lalu Shah Alam, Selangor, yang mencapai 142.

Wilayah selanjutnya yakni Batu Muda di Wilayah Persekutuan Kuala Lumpur yang mencapai IPU 140, diikuti Johan Setia di Selangor yang mencapai 131, selanjutnya Nilai di Negeri Sembilan yang mencapai 122, lalu Putrajaya yang mencapai 114.

Selanjutnya Seberang Jaya di Pulau Pinang dengan IPU mencapai 107, diikuti Taiping di Perak yang mencapai 106, lalu Tasek Ipoh di Perak dan Tanjung Malim, Perak, yang sama-sama mencapai IPU 101.

Kondisi IPU moderat tercatat ada di 53 wilayah lainnya di Semenanjung dan Sabah serta Sarawak, di mana kondisi udaranya ada di kisaran 51-100.

Dikutip dari Antrara, hanya ada tiga wilayah yang kondisi udaranya dalam keadaan baik, di mana angka IPU ada di kisaran 0 hingga 50. Wilayah yang ada dalam kondisi bagus ada di Sandakan dan Kimanis di Sabah, serta Sibu di Sarawak.

Rekomendasi