Pergi Menangkap Ikan, Seorang Pria di Australia Tewas Diserang Paus

| 01 Oct 2023 12:02
Pergi Menangkap Ikan, Seorang Pria di Australia Tewas Diserang Paus
Ilustrasi paus. (WIkipedia)

ERA.id - Seorang pria tewas dan seorang lainnya dilarikan ke rumah sakit pada Sabtu (30/9/2023) di Australia setelah seekor paus menyerang dan membalikkan perahu mereka saat melakukan ekspedisi, kata pihak berwenang.

Polisi mengatakan seorang pria pingsan ditarik dari Botany Bay, lepas pantai Sydney, lalu meninggal. Sementara pria lainnya dibawa ke rumah sakit dalam kondisi stabil, kata polisi.

"Seekor paus terlibat, siapa yang mengira hal itu akan terjadi. Ini sangat tragis,” kata Menteri Kepolisian New South Wales Yasmin Catley seperti dilansir dari CNA.

Menteri Layanan Darurat Jihad Dib mengatakan kejadian ini adalah "kecelakaan yang sangat aneh".

Laporan awal polisi menyebutkan bahwa paus tersebut mungkin telah menerobos di dekat atau di atas perahu orang tersebut.

Garis pantai Australia yang luas merupakan rumah bagi 10 spesies paus besar dan 20 spesies paus kecil. Meskipun kematian manusia yang disebabkan oleh paus di kawasan ini jarang terjadi, Australia dan negara tetangganya, Selandia Baru, merupakan titik rawan paus terdampar secara massal di pantai.

Delapan warga Denmark diselamatkan pada bulan Juni ketika perahu layar mereka terbalik di Samudera Pasifik setelah bertabrakan dengan satu atau dua ikan paus.

Rekomendasi