Bantuan Kemanusiaan Tertahan, WHO: Situasi di Gaza Semakin Tidak Terkendali

| 19 Oct 2023 07:35
Bantuan Kemanusiaan Tertahan, WHO: Situasi di Gaza Semakin Tidak Terkendali
WHO (Dok: Antara)

ERA.id - Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO mengatakan situasi di Jalur Gaza menjadi tidak terkendali. WHO menekankan bahwa aksi kekerasan perlu segera dihentikan. 

"Situasi di Gaza semakin tidak terkendali. Setiap detik kami menunggu bantuan medis masuk, banyak yang meninggal," tulis Tedros Adhanom Ghebreyesus di akun media sosial X.

Tedros lantas mengatakan bahwa pasokan WHO tertahan di perbatasan selama empat hari. Dia pun menekankan pentingnya "akses segera" untuk mulai mengirimkan pasokan untuk menyelamatkan nyawa orang-orang.

"Kami ingin semua aksi kekerasan di semua pihak diakhiri," katanya.

Lebih dari 500 orang tewas dalam serangan udara Israel di Rumah Sakit Al-Ahli Baptist pada Selasa (17/10), menurut para pejabat Palestina di daerah kantong yang terkepung itu.

Namun, Israel menolak bertanggung jawab atas serangan udara tersebut.

Konflik pecah pada 7 Oktober ketika Hamas meluncurkan Operasi Banjir Al Aqsa, yaitu serangan mendadak yang meliputi serangkaian peluncuran roket dan penyusupan personel ke Israel melalui jalur darat, laut dan udara.

Serangan itu disebutkan merupakan balasan atas penyerbuan ke Masjid Al Aqsa dan meningkatnya aksi kekerasan yang dilakukan para pemukim Israel.

Militer Israel kemudian meluncurkan Operasi Pedang Besi ke fasilitas-fasilitas milik Hamas di Jalur Gaza.

Di tengah kecaman dari seluruh dunia, Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Antonio Guterres menyerukan "gencatan senjata kemanusiaan segera" guna meringankan "penderitaan luar biasa yang dialami para korban."

Sedikitnya 3.300 warga Palestina tewas dalam serangan Israel di Gaza, sementara lebih dari 1.400 orang di Israel juga tewas.

Rekomendasi