Kunjungi Masjid di Tengah Konflik Palestina-Israel, PM Kanada Disoraki Jemaah

| 22 Oct 2023 12:30
Kunjungi Masjid di Tengah Konflik Palestina-Israel, PM Kanada Disoraki Jemaah
Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau. (Wikimedia

ERA.id - Perdana Menteri (PM) Kanada Justin Trudeau mendapat banyak hujatan saat berkunjung ke masjid di Toronto pada Jumat (20/10/2023) kemarin, seperti dilansir dari Sputnik.

Dalam sebuah video yang viral di internet, orang-orang yang berkumpul di dalam masjid terdengar berseru “Anda memalukan” dan “bawa orang-orang Anda dan pergi” dan bersikeras agar PM Kanada tidak diizinkan berbicara di podium.

Menurut media lokal, Trudeau berbicara kepada orang-orang yang berada di dalam tempat ibadah tersebut dan berterima kasih kepada mereka karena mengizinkan dia untuk berdoa bersama di masa sulit ini.

Sebelumnya, Kantor Perdana Menteri mengkonfirmasi bahwa Justin Trudeau telah melakukan kunjungan ke Organisasi Muslim Internasional di Toronto pada hari Jumat untuk menunjukkan dukungannya kepada mereka yang terkena dampak peristiwa mengerikan di Timur Tengah.

Namun, baik jamaah di dalam masjid maupun pengunjuk rasa yang berada di pinggir jalan di luar masjid mendesak perdana menteri untuk mengadvokasi gencatan senjata dalam konflik Palestina-Israel.

Sebelumnya, puluhan anggota parlemen Kanada dari berbagai partai politik mendesak Justin Trudeau untuk menyerukan gencatan senjata segera dalam konflik antara Israel dan Hamas. Pemerintahan Trudeau mengatakan Kanada mendukung solusi dua negara, tetapi juga yakin Israel punya hak untuk membela diri.

"Kanada telah lama menyuarakan perdamaian. Semakin lama konflik ini berlangsung, semakin banyak warga sipil yang tidak bersalah harus menanggung akibatnya. Kami menuntut agar Kanada bergabung dengan seruan internasional untuk segera melakukan gencatan senjata. Kanada harus bertindak sebelum lebih banyak anak-anak yang tidak bersalah terbunuh," tulis anggota parlemen dalam surat yang dirilis pada hari Jumat.

Rekomendasi