Bertemu dengan Blinken, Presiden Palestina Kembali Desak Gencatan Senjata: Tidak Ada Kata yang Menggambarkan Genosida dan Kehancuran

| 06 Nov 2023 08:28
Bertemu dengan Blinken, Presiden Palestina Kembali Desak Gencatan Senjata: Tidak Ada Kata yang Menggambarkan Genosida dan Kehancuran
Mahmoud Abbas (Dok: Aljazeera)

ERA.id - Presiden Palestina Mahmoud Abbas bertemu dengan Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken selama kunjungan mendadak ke Tepi Barat. Dalam pertemuan itu, Abbas meminta agar Blinken mendesak Israel agar menyetujui gencatan senjata.

Seruan ini diminta Abbas menyusul serangan terbaru Israel ke kamp pengungsi Maghazi semalam yang menewaskan sedikitnya 47 orang.

Dalam serangan terpisah, 21 warga Palestina dari satu keluarga, termasuk wanita dan anak-anak, tewas dalam serangan Israel yang menargetkan Gaza semalam.

“Kami meminta Anda segera menghentikan mereka melakukan kejahatan ini,” kata Abbas kepada Blinken, menuntut “gencatan senjata segera” dari Israel.

“Tidak ada kata-kata yang bisa menggambarkan perang genosida dan kehancuran yang dialami rakyat Palestina di Gaza akibat tangan mesin perang Israel, tanpa memperhatikan aturan hukum internasional,” kata Abbas kepada kantor berita Palestina WAFA.

Presiden juga memperingatkan terhadap rencana apa pun untuk menggusur warga Palestina di luar Gaza, Tepi Barat, atau Yerusalem, dengan mengatakan: “Kami dengan tegas menolak hal itu.”

Dia mengatakan bahwa apa yang terjadi di Tepi Barat dan Yerusalem tidak kalah mengerikannya dalam hal “pembunuhan dan serangan terhadap tanah, masyarakat dan tempat-tempat suci, di tangan pasukan pendudukan dan pemukim teroris.”

Abbas menganggap Israel bertanggung jawab penuh atas apa yang terjadi.

“Solusi militer tidak akan membawa keamanan bagi Israel,” katanya, seraya menambahkan: “Kami meminta Anda menghentikan mereka melakukan kejahatan ini segera.”

“Keamanan dan perdamaian dicapai dengan mengakhiri pendudukan Israel atas tanah negara Palestina, dengan ibu kotanya, Yerusalem Timur, di perbatasan tahun 1967,” tambah Abbas.

Ia juga menekankan bahwa “Jalur Gaza adalah bagian integral dari negara Palestina, dan kami akan memikul tanggung jawab penuh kami dalam kerangka solusi politik komprehensif untuk Tepi Barat, termasuk Yerusalem Timur, dan Jalur Gaza.”

Para menteri luar negeri dari Qatar, Saudi, Mesir, Yordania dan Uni Emirat Arab bertemu Blinken di Amman pada hari Sabtu dan juga mendorong AS untuk meyakinkan Israel agar menyetujui gencatan senjata.

Namun Blinken menolak gagasan tersebut, dengan mengatakan hal itu hanya akan menguntungkan Hamas, memungkinkan mereka untuk berkumpul kembali dan menyerang lagi.

Sebaliknya, Amerika Serikat mendorong adanya jeda lokal dalam pertempuran untuk memungkinkan masuknya bantuan kemanusiaan dan agar orang-orang meninggalkan Jalur Gaza yang berpenduduk padat.

“Menteri menegaskan kembali komitmen Amerika Serikat terhadap pengiriman bantuan kemanusiaan yang menyelamatkan jiwa dan dimulainya kembali layanan penting di Gaza dan menjelaskan bahwa warga Palestina tidak boleh dipindahkan secara paksa,” kata juru bicara Matthew Miller.

Abbas hanya mempunyai sedikit pengaruh di Gaza sejak pengambilalihan wilayah kantong tersebut oleh Hamas pada tahun 2007.

Israel mengatakan mereka menargetkan Hamas, bukan warga sipil, dan kelompok Islam Palestina menggunakan penduduk sebagai tameng manusia.

Pejabat kesehatan Gaza mengatakan pada hari Minggu bahwa lebih dari 9.770 warga Palestina telah tewas dalam konflik tersebut, yang dimulai ketika pejuang Hamas melancarkan serangan mendadak ke Israel selatan pada 7 Oktober, menewaskan 1.400 orang dan menyandera lebih dari 240 orang lainnya.

Menurut laporan Reuters, proses evakuasi warga Gaza yang terluka dan pemegang paspor asing melalui penyeberangan Rafah ke Mesir telah ditangguhkan sejak Sabtu.

Salah satu sumber keamanan dan sumber medis mengatakan evakuasi dihentikan setelah serangan Israel pada hari Jumat terhadap ambulans di Gaza yang digunakan untuk mengangkut orang-orang yang terluka

Sementara itu, Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu pada hari Minggu mendisiplinkan seorang anggota junior kabinetnya yang menyuarakan keterbukaan terhadap gagasan Israel melakukan serangan nuklir di Gaza.

Rekomendasi