Sejumlah Pekerja di India yang Terjebak di Terowongan Sakit, Pemerintah Minta Bantuan ke Thailand

| 16 Nov 2023 18:10
Sejumlah Pekerja di India yang Terjebak di Terowongan Sakit, Pemerintah Minta Bantuan ke Thailand
Kondisi terkini pekerja india terjebak di terowongan (Dok: AFP/tangkapan layar)

ERA.id - Tim penyelamat India melakukan berbagai upaya untuk menyelamatkan 40 pekerja yang terjebak di terowongan Uttarakhand. Upaya penyelamatan yang sudah memasuki hari kelima ini dilakukan dengan menyiapkan mesin bor baru yang lebih kuat serta meminta bantuan dari Thailand.

Para penggali telah memindahkan puing-puing sejak Minggu (12/11/2023) pagi waktu setempat yang juga menjadi lokasi terowongan runtuh. Dilaporkan bahwa mesin bor baru yang kuat telah dikerahkan untuk membebaskan 40 pekerja yang terjebak.

Menurut laporan Reuters, proses penyelamatan itu terhambat karena puing-puing yang terus berjatuhan. Selain itu, upaya pengerukan puing juga terhenti akibat menimbulkan masalah lain.

Angkatan udara menerbangkan mesin bor kedua pada pesawat militer C-130 Hercules pada hari Rabu, dengan mata bor raksasa membentang sepanjang ruang kargo pesawat.

“Pengeboran akan segera dimulai,” kata pemimpin penyelamat Deepak Patil.

Sementara itu, para insinyur sedang mencoba memasukkan pipa baja dengan lebar sekitar 90cm melewati puing-puing, cukup lebar untuk dilewati oleh orang-orang yang terjebak.

Diketahui India telah meminta nasihat dari perusahaan Thailand yang menyelamatkan anak-anak dari gua yang banjir pada tahun 2018, serta dari pakar teknik mekanika tanah dan batuan di Institut Geoteknik Norwegia.

Meski sudah memasuki hari kelima, tim penyelamat dapat berkomunikasi dengan orang-orang yang terjebak menggunakan radio. Bantuan makanan, air, dan oksigen juga dikirim ke para pekerja yang terjebak melalui pipa, namun ukurannya terlalu sempit untuk dilewati orang dan obat-obatan.

Terkait pekerja yang sakit, tidak ada informasi lanjutan tentang bagaimana kondisi dan berapa banyak yang jatuh sakit.

Lusinan rekan pekerja yang terjebak melakukan protes di luar terowongan pada hari Rabu, menyalahkan pihak berwenang atas “lambannya pekerjaan penyelamatan”, salah satu pengunjuk rasa mengatakan kepada AFP.

Terowongan sepanjang 4,5 km dibangun antara kota Silkyara dan Dandalgaon untuk menghubungkan Uttarkashi dan Yamunotri, dua tempat suci Hindu paling suci.

Terowongan ini merupakan bagian dari proyek jalan Perdana Menteri Narendra Modi yang bertujuan untuk meningkatkan kondisi perjalanan antara beberapa tempat suci Hindu paling populer di negara tersebut serta di wilayah yang berbatasan dengan China.

Sebelum pembangunan dimulai, para ahli telah memperingatkan dampak pembangunan besar-besaran di Uttarakhand, di mana sebagian besar negara bagian tersebut rentan terhadap tanah longsor.

Kecelakaan pada proyek infrastruktur besar sering terjadi di India. Pada bulan Januari, setidaknya 200 orang tewas dalam banjir bandang di Uttarakhand yang secara ekologis rapuh dalam bencana yang sebagian para ahli menyalahkan pembangunan yang berlebihan.

Rekomendasi