Israel dan Hamas Sepakat Gencatan Senjata Selama Empat Hari, Bertukar Sandera hingga Izin Masuk BBM

| 22 Nov 2023 12:10
Israel dan Hamas Sepakat Gencatan Senjata Selama Empat Hari, Bertukar Sandera hingga Izin Masuk BBM
Gencatan senjata (Dok: Istimewa)

ERA.id - Pemerintah Israel dan Hamas sepakat untuk menghentikan pertempuran selama empat hari untuk memungkinkan pembebasan 50 sandera yang ditahan di Gaza sebagai ganti 150 warga Palestina yang dipenjara di Israel, dan masuknya bantuan kemanusiaan ke daerah kantong yang terkepung.

Para pejabat dari Qatar, yang menjadi penengah dalam perundingan rahasia, serta AS, Israel dan Hamas selama berhari-hari mengatakan bahwa kesepakatan akan segera tercapai.

Hamas diyakini menyandera lebih dari 200 orang, yang diambil ketika para pejuangnya menyerbu Israel pada 7 Oktober, menewaskan 1.200 orang, menurut penghitungan Israel.

Sebuah pernyataan dari kantor Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengatakan 50 perempuan dan anak-anak akan dibebaskan selama empat hari, dan selama itu akan ada jeda dalam pertempuran.

"Untuk setiap tambahan 10 sandera yang dibebaskan, jeda akan diperpanjang satu hari lagi," katanya, tanpa menyebutkan pembebasan tahanan Palestina sebagai imbalannya.

“Pemerintah Israel berkomitmen untuk memulangkan semua sandera. Malam ini, mereka menyetujui usulan kesepakatan sebagai tahap pertama untuk mencapai tujuan ini,” kata pernyataan itu, dikutip Reuters, Rabu (22/11/2023).

Hamas mengatakan 50 sandera akan dibebaskan dengan imbalan 150 wanita dan anak-anak Palestina yang ditahan di penjara-penjara Israel. 

“Kesepakatan gencatan senjata juga akan memungkinkan ratusan truk bantuan kemanusiaan, medis dan bahan bakar memasuki Gaza,” kata Hamas.

“Israel telah berkomitmen untuk tidak menyerang atau menangkap siapa pun di seluruh wilayah Gaza selama masa gencatan senjata,” tambahnya.

Pemerintah Qatar mengatakan 50 warga sipil yang disandera dan anak-anak akan dibebaskan dari Gaza sebagai imbalan atas pembebasan "sejumlah perempuan dan anak-anak Palestina yang ditahan di penjara-penjara Israel".

Waktu dimulainya gencatan senjata akan diumumkan dalam 24 jam ke depan, katanya dalam sebuah pernyataan.

Perjanjian tersebut adalah gencatan senjata pertama dalam perang di mana pemboman Israel telah meratakan sebagian besar wilayah Gaza yang dikuasai Hamas, menewaskan 13.300 warga sipil di daerah kantong kecil berpenduduk padat dan menyebabkan sekitar dua pertiga dari 2,3 juta penduduknya kehilangan tempat tinggal, menurut pihak berwenang di Gaza.

Sebelum berkumpul dengan pemerintahan penuhnya, Netanyahu pada hari Selasa bertemu dengan kabinet perangnya dan kabinet keamanan nasional yang lebih luas mengenai kesepakatan tersebut.

Menjelang pengumuman perjanjian tersebut, Netanyahu mengatakan intervensi Presiden AS Joe Biden telah membantu meningkatkan perjanjian tentatif tersebut sehingga mencakup lebih banyak sandera dan lebih sedikit konsesi.

Namun Netanyahu mengatakan misi Israel yang lebih luas tidak berubah.

“Kami sedang berperang dan kami akan melanjutkan perang sampai kami mencapai semua tujuan kami. Untuk menghancurkan Hamas, kembalikan semua sandera kami dan pastikan tidak ada entitas di Gaza yang dapat mengancam Israel,” katanya.

Sementara itu, Hamas mengatakan pihaknnya siap untuk mengambil tindakan apapun demi memenangkan konflik dan membela rakyat Palestina.

“Saat kami mengumumkan penghentian perjanjian gencatan senjata, kami menegaskan bahwa kami tetap siap untuk mengambil tindakan, dan pejuang kami yang menang akan tetap waspada untuk membela rakyat kami dan mengalahkan pendudukan,” tegasnya.

Hamas hingga saat ini hanya membebaskan empat tawanan yakni warga AS Judith Raanan, dan putrinya, Natalie Raanan, pada 20 Oktober, dengan “alasan kemanusiaan,” dan perempuan Israel Nurit Cooper, dan Yocheved Lifshitz pada 23 Oktober. 

Rekomendasi