Menjelang Pembebasan Sandera Gelombang Kedua, Israel Tinjau Daftar Nama yang Akan Dibebaskan

| 25 Nov 2023 20:25
Menjelang Pembebasan Sandera Gelombang Kedua, Israel Tinjau Daftar Nama yang Akan Dibebaskan
Pembebasan sandera (Dok: instagram/eye.on.palestine/Hisham Abu Shaqrah)

ERA.id - Israel menerima daftar sandera yang akan dibebaskan dari Gaza oleh kelompok militan Palestina, Hamas, Sabtu (25/11/2023). Peninjauan ini dilakukan Israel setelah pembebasan 24 sandera di hari sebelumnya, yang pertama dari gencatan senjata empat hari.

"Para pejabat keamanan Israel sedang meninjau daftar tersebut," kata kantor Perdana Menteri Benjamin Netanyahu, dikutip Reuters, Sabtu (25/11/2023).

Para pejabat setempat juga bersumpah akan membebaskan semua sandera yang disandera oleh Hamas dalam serangan 7 Oktober lalu. Jeda dalam pertempuran ini adalah yang pertama kali terjadi, dan kedua belah pihak mengatakan permusuhan akan berlanjut segera setelah gencatan senjata berakhir. Namun Presiden AS Joe Biden menyatakan harapannya agar jeda ini dapat diperpanjang.

Para sandera yang dibebaskan, termasuk perempuan dan anak-anak Israel serta pekerja pertanian Thailand, dipindahkan dari Gaza dan diserahkan kepada pihak berwenang Mesir di perbatasan Rafah, bersama dengan delapan staf Komite Palang Merah Internasional dalam konvoi empat mobil, organisasi tersebut.

Mereka kemudian dibawa ke Israel untuk pemeriksaan kesehatan dan berkumpul kembali dengan kerabatnya.

Qatar, yang menjadi mediator untuk perjanjian gencatan senjata mengatakan 13 warga Israel telah dibebaskan, beberapa diantaranya berkewarganegaraan ganda, serta 10 warga negara Thailand dan seorang warga Filipina, yang ditangkap di Israel ketika sedang bekerja.

Sementara itu, 39 tahanan perempuan dan anak-anak Palestina dibebaskan dari penjara Israel. Para sandera Israel yang dibebaskan termasuk empat anak-anak yang didampingi oleh empat anggota keluarga, dan lima wanita lanjut usia.

Masyarakat Bulan Sabit Merah Palestina mengatakan 196 truk bantuan kemanusiaan membawa makanan, air dan pasokan medis melalui penyeberangan Rafah pada hari Jumat, konvoi terbesar ke Gaza sejak serangan Hamas terhadap Israel dan pemboman Israel berikutnya terhadap wilayah tersebut.

Sekitar 1.759 truk telah memasuki daerah kantong tersebut sejak 21 Oktober.

Rekomendasi