Sepuluh Warga Thailand Dibebaskan Hamas, Menlu: Masih Ada 20 Lagi

| 25 Nov 2023 17:29
Sepuluh Warga Thailand Dibebaskan Hamas, Menlu: Masih Ada 20 Lagi
Warga Thailand dibebaskan Hamas (Dok:

ERA.id - Kementerian Luar Negeri Thailand mengatakan sedikitnya masih ada 20 warganya yang ditahan dan dijadikan sandera oleh kelomok militan Hamas. Konfirmasi ini disampaikan usai 10 sandera asal Thailand berhasil dibebaskan, Jumat (24/11/2023) waktu setempat.

Para sandera yang dibebaskan oleh Hamas akan kembali ke rumah masing-masing setelah 48 jam di rumah sakit. Pembebasan ini berdasarkan kesepakatan pertukaran sandera yang dilakukan Hamas dan Israel yang dimediasi oleh Qatar.

"Saat ini diperkirakan ada 20 warga negara Thailand yang masih diculik,” kata kementerian tersebut, dikutip Reuters, Sabtu (25/11/2023).

Namun kementerian tersebut belum bisa mengonfirmasi apakah empat warga Thailand yang dibebaskan pada hari Jumat sebelumnya oleh Israel sebagai tawanan.

“Kami sangat berharap para sandera yang tersisa akan diperlakukan secara manusiawi dan dibebaskan dengan aman sesegera mungkin," ujarnya.

Di antara mereka yang dibebaskan adalah satu-satunya perempuan Thailand yang diketahui ditahan oleh Hamas, menurut foto-foto dari kementerian tersebut, ketika kelompok tersebut bertemu dengan dokter di sebuah pusat medis di Israel.

Sebuah sumber yang mengetahui mengenai perundingan tersebut mengatakan bahwa pembebasan tersebut tidak ada hubungannya dengan perjanjian gencatan senjata dengan Israel dan merupakan kelanjutan dari jalur pembicaraan terpisah dengan Hamas yang dimediasi oleh Mesir dan Qatar.

Kementerian berterima kasih kepada pemerintah Mesir, Iran, Israel, Malaysia, Qatar dan Komite Palang Merah Internasional, serta pihak-pihak lain yang terlibat dalam “upaya besar” yang berujung pada pembebasan tersebut.

Laporan sebelumnya menyebutkan sekitar selusin warga Thailand telah dibebaskan.

Sekitar 30.000 warga negara Thailand bekerja di Israel, yang merupakan salah satu kelompok pekerja migran terbesar di Israel, sebagian besar bekerja di bidang pertanian.

Rekomendasi