Demo Anti-Pemerintah Memanas, Pengunjuk Rasa Bakar Kereta Api di Bangladesh: Empat Mayat Ditemukan

| 19 Dec 2023 20:25
Demo Anti-Pemerintah Memanas, Pengunjuk Rasa Bakar Kereta Api di Bangladesh: Empat Mayat Ditemukan
Kereta api dibakar di Bangladesh (Dok: The Hindu)

ERA.id - Sebanyak empat orang dilaporkan tewas akibat kebakaran kereta api di Bangladesh, Selasa (19/12/2023) waktu setempat. Kebakaran kereta api itu dipicu oleh aksi pengunjuk rasa di Bangladesh.

Menurut laporan The Hindu, seorang tak dikenal membakar sebuah kereta penumpang di ibu kota Bangladesh, Selasa (19/12/2023) dan menewaskan empat orang, termasuk seorang wanita dan anak laki-lakinya yang masih kecil.

Para pengunjuk rasa membakar tiga kompartemen Mohanganj Express antar-distrik tujuan Dhaka dini hari tak lama setelah kereta meninggalkan Stasiun Kereta Bandara di titik masuk ibu kota.

"Para penumpang melihat api setelah kereta meninggalkan stasiun Bandara, dan berhenti di pemberhentian berikutnya di stasiun Tejgaon," kata petugas kantor polisi Tejgaon, Mohammad Mohsin.

Dalam catatan BNP, empat orang dinyatakan tewas, termasuk seorang perempuan dan anaknya.

Mohsin mengatakan seorang anak laki-laki lainnya hilang sementara ibunya menunggu di depan kompartemen yang hancur saat petugas pemadam kebakaran mencari ke dalam.

Pejabat kereta api mengatakan master lokomotif menghentikan kereta di Tejgaon di mana petugas pemadam kebakaran memadamkan api dan mengevakuasi empat mayat sementara dua korban tewas masih belum teridentifikasi.

Serangan itu bertepatan dengan penghentian pemilu secara nasional yang diserukan oleh oposisi utama Partai Nasionalis Bangladesh (BNP), sebagai bagian dari kampanye yang sedang berlangsung untuk memboikot pemilu.

Sejauh ini belum diketahui secara pasti berapa banyak orang yang berada di dalam kereta menuju ibu kota Dhaka di distrik Netrokona di utara. Sementara pemerintah setempat belum mengeluarkan pernyataan terkait insiden tersebut.

Diketahui perselisihan ini menjadi babak terbaru yang dipicu oleh protes anti-pemerintah di mana puluhan bus dan kendaraan dibakar, dengan sedikitnya enam orang tewas sejak 28 Oktober, ketika unjuk rasa oposisi berubah menjadi kekerasan.

Ketika para pemimpin puncaknya dipenjara atau diasingkan, partai oposisi Partai Nasionalis Bangladesh (BNP) menginginkan Perdana Menteri Sheikh Hasina mundur dan memberi jalan bagi pemerintah netral untuk mengawasi pemilu 7 Januari yang diboikotnya.

Hasina, yang sedang mencalonkan diri untuk masa jabatan keempat berturut-turut dari lima masa jabatannya, telah berulang kali menolak seruan oposisi untuk mengundurkan diri, dan menyalahkan BNP atas protes jalanan yang mematikan baru-baru ini untuk mendukung tuntutan mereka.

Partai ini telah berbagi 26 kursi dengan sekutunya, Partai Jatiya, sehingga memungkinkan Partai Jatiya mengajukan kandidat dengan total 283 kursi.

Kelompok hak asasi manusia menuduh pemerintah menargetkan para pemimpin dan pendukung oposisi. Pemerintah membantah tuduhan tersebut namun menghadapi tekanan dari negara-negara Barat untuk menyelenggarakan pemilu yang bebas, adil dan partisipatif.

Sejalan dengan praktik yang biasa dilakukan, panel pemilu Bangladesh telah memutuskan untuk mengerahkan tentara mulai tanggal 29 Desember untuk mencegah kekerasan apa pun.

Rekomendasi