Puluhan Ribu Warga Washington Gelar Aksi Unjuk Rasa Bela Palestina

| 14 Jan 2024 14:33
Puluhan Ribu Warga Washington Gelar Aksi Unjuk Rasa Bela Palestina
Puluhan ribu warga Washington memprotes aksi kekerasan Israel di Jalur Gaza. (Dok. Istimewa)

ERA.id - Puluhan ribu orang berkumpul di Washington, AS, pada hari Sabtu (13/1/2024) untuk mengadakan aksi unjuk rasa mendukung gencatan senjata di Jalur Gaza.

Dikutip dari Sputnik, demonstrasi dimulai pada pukul 13.00 waktu setempat lalu para demonstran berkumpul di Freedom Plaza dekat Capitol. Dari sana mereka berbaris melalui jalan-jalan ibu kota AS menuju Gedung Putih.

Demonstrasi tersebut diumumkan beberapa minggu yang lalu, sebelum AS dan Inggris menyerang kelompok Houthi di Yaman utara. Beberapa demonstran juga tampak datang dengan membawa tanda-tanda dukungan terhadap Yaman.

Demonstrasi pro-Palestina lainnya terjadi di Washington pada hari Sabtu dekat Gedung Putih. Para aktivis membawa mainan untuk mengenang anak-anak yang terbunuh di Gaza akibat serangan Israel. Dinas Rahasia AS memasang pagar tambahan setinggi dua meter di dekat Gedung Putih sebagai tindakan pencegahan.

Protes besar-besaran sering terjadi di AS di tengah meningkatnya konflik Palestina-Israel, dengan mayoritas menyatakan dukungan terhadap Palestina dan gencatan senjata di Jalur Gaza.

Rekomendasi