Kecam Latihan Militer Korsel-AS, Korea Utara: Mereka Harus Membayar Mahal Kesalahan Pilihan Itu

| 05 Mar 2024 14:00
Kecam Latihan Militer Korsel-AS, Korea Utara: Mereka Harus Membayar Mahal Kesalahan Pilihan Itu
Korut kecam latihan militer Korsel-AS (Dok: ERA/Luthfia)

ERA.id - Kementerian Pertahanan Korea Utara mendesak Korea Selatan dan Amerika Serikat untuk menghentikan latihan militer mereka. Korea Utara juga memperingati konsekuensi atas latihan militer tersebut.

Juru bicara Kementerian Pertahanan Pyongyang yang tidak disebutkan namanya mengatakan pihaknya mengecam keras apa yang disebutnya sebagai latihan militer yang “panik dan sembrono”, dan mendesak agar latihan tersebut dihentikan, demikian laporan dari KCNA, Selasa (5/3/2024).

"AS dan Korea Selatan harus membayar harga yang mahal atas pilihan mereka yang salah,” tambah pejabat itu, dan bersumpah untuk melakukan aktivitas militer untuk mengendalikan lingkungan keamanan yang tidak stabil.

Kementerian Pertahanan Korea Selatan menolak pernyataan Korea Utara, dan mengatakan bahwa latihan tersebut bersifat defensif dan dimaksudkan untuk menangkis provokasi dan agresi Korea Utara.

“Jika Korea Utara melakukan provokasi langsung dengan menggunakan latihan tersebut sebagai alasan, kami akan memberikan tanggapan yang luar biasa segera, tegas, dan sampai akhir,” kata pernyataan tersebut.

Militer Korea Selatan dan AS memulai latihan musim semi tahunan mereka pada hari Senin dengan jumlah pasukan yang bergabung dua kali lipat dibandingkan tahun lalu.

Latihan Freedom Shield, yang akan berakhir pada 14 Maret, terjadi ketika Korea Utara berupaya mengembangkan kemampuan nuklirnya melalui uji coba rudal dan senjata lainnya.

Latihan tersebut terutama dirancang untuk menetralisir ancaman nuklir Korea Utara, termasuk dengan “mengidentifikasi dan menyerang” rudal jelajah, yang menurut Pyongyang dapat membawa hulu ledak nuklir, kata para pejabat militer Seoul.

Rekomendasi