Presiden Iran Ebrahim Raisi Naiki Helikopter Bell 212, Analis Militer: Suku Cadang Sulit Didapatkan

| 20 May 2024 12:10
Presiden Iran Ebrahim Raisi Naiki Helikopter Bell 212, Analis Militer: Suku Cadang Sulit Didapatkan
Helikopter Bell 212 (Dok. FARS News Agency)

ERA.id - Analis militer Cedric Leighton menilai Presiden Iran Ebrahim Raisi menggunakan helikopter Bell 212 dalam perjalanannya. Helikopter Bell 212 itu pertama kali diproduksi di Amerika Serikat pada tahun 1960-an dan mengalami kesulitan suku cadang.

"Helikopter ini pertama kali diperkenalkan pada periode terakhir pemerintahan Shah pada tahun 1976 dalam bentuk komersial dan sudah ada sebelumnya di militer AS, jadi awal mula helikopter jenis ini mungkin sudah ada sejak akhir tahun 1960an," kata Leighton, dikutip CNN, Senin (20/5/2024).

Pensiunan kolonel Angkatan Udara AS itu menduga penyebab kecelakaan helikopter yang membawa Ebrahim Raisi itu diduga adanya kesulitan mendapat suku cadang.

Selain itu, faktor cuaca yang sangat buruk yang melanda barat laut Iran juga menjadi salah satu faktor yang menyebabkan kecelakaan itu terjadi.

"Jadi suku cadang pasti akan menjadi masalah bagi Iran. Dalam kasus khusus ini, saya pikir ini adalah pertemuan suku cadang, karena sanksi, ditambah cuaca yang sangat buruk selama beberapa hari terakhir di wilayah barat laut Iran," jelasnya.

"Semua itu, menurut saya, berkontribusi pada serangkaian insiden dan serangkaian keputusan yang dibuat oleh pilot dan bahkan mungkin presiden sendiri ketika harus menerbangkan pesawat ini. Dan sayangnya bagi mereka, akibatnya adalah kecelakaan ini," pungkasnya.

Militer Iran menerima helikopter Bell 212 pada tahun 1970-an, pada tahun-tahun terakhir pemerintahan Shah Mohammad Reza Pahlavi.

Iran mengoperasikan berbagai helikopter, sebagian besar berasal dari sebelum Revolusi Islam 1979 dan sanksi internasional mempersulit perolehan suku cadang bagi helikopter tersebut.

Raisi berada di Azerbaijan pada Minggu pagi untuk meresmikan bendungan bersama rekannya Ilham Aliyev. Usai mengunjungi satu lokasi, Presiden dan rombongan lepas landas dengan konvoi tiga helikopter untuk meresmikan lokasi lain ketika hilang kontak dengan pesawatnya.

“Sekitar jam 1 siang, presiden meninggalkan Tabriz untuk meresmikan dua proyek tetapi helikopter kehilangan kontak tak lama setelah berangkat,” kata Mohsen Mansouri, kepala tim pencarian dan penyelamatan.

Turut berada di dalam helikopter yang hilang tersebut adalah pemimpin Sholat Jumat di provinsi tersebut dan gubernur setempat.

“Tiga helikopter meninggalkan Tabriz, tapi setengah jam kemudian, dua di antaranya kehilangan kontak dengan helikopter yang membawa presiden,” kata pejabat itu.

Seorang pejabat Iran mengatakan kepada TV pemerintah bahwa kontak singkat dilakukan dengan salah satu penumpang dan salah satu awak setelah pesawat itu jatuh. Namun, Hossein Hatami, perwakilan Kalibar, tempat helikopter jatuh, mengatakan belum ada kontak seperti itu dengan para penumpang.

Kabinet Iran, yang diketuai oleh wakil presiden pertama Mohammad Mokhber, mengadakan pertemuan darurat pada Minggu malam, setelah itu menteri kesehatan dan wakil presiden eksekutif diperintahkan untuk melakukan perjalanan ke wilayah tersebut.

Kecelakaan ini terjadi pada saat perbedaan pendapat meluas di Iran. Para pemimpin agama di negara tersebut menghadapi tekanan internasional atas dukungan Teheran terhadap Rusia dalam perang melawan Ukraina, serta program nuklirnya. Teheran baru-baru ini mulai memperkaya uranium mendekati tingkat senjata.

Rekomendasi