Korea Utara Tuding AS dan Korsel Kirim Pesawat Mata-Mata di Perbatasan

| 26 May 2024 14:00
Korea Utara Tuding AS dan Korsel Kirim Pesawat Mata-Mata di Perbatasan
Korea Utara (Era.id/Luthfia)

ERA.id - Korea Utara menuduh Amerika Serikat dan Korea Selatan menerbangkan pesawat mata-mata dan kapal di sekitar perbatasan antar-Korea. Pihaknya pun mengaku akan memperingatkan dua negara itu soal kedaulatan dan keamanan yang dilanggar.

Wakil Menteri Pertahanan Korea Utara Kim Gang Il mengatakan AS telah menerbangkan setidaknya 16 pesawat pengintai strategis RC-135 dan U-2S serta drone RQ-4B di semenanjung Korea antara 13 dan 24 Mei.

Kim juga menuduh angkatan laut dan penjaga pantai Korea Selatan memicu ketegangan militer dengan meningkatkan aktivitas patroli dan semakin sering melanggar perbatasan maritim.

Kim juga mengkritik selebaran propaganda yang dikirim dalam bentuk balon dari Korea Selatan, dan menyebutnya sebagai provokasi yang berbahaya.

Para pembelot dan aktivis Korea Utara di Korea Selatan secara teratur mengirimkan balon berisi selebaran anti-Pyongyang, bersama dengan makanan, obat-obatan, uang, radio mini, dan stik USB yang berisi berita dan drama Korea Selatan.

“Bahkan sekarang, angkatan udara boneka AS dan Korea Selatan terus memobilisasi berbagai pesawat dengan sedikit atau tanpa jeda waktu sepanjang hari, melakukan aktivitas pengintaian udara pada tingkat yang sebanding dengan situasi masa perang,” kata Kim dalam sebuah pernyataan yang diterbitkan oleh KCNA, Minggu (26/5/2024).

Lalu, kata Kim, kegiatan itu secara serius melanggar kedaulatan dan keamanan nasional Korea Utara. Pihaknya juga tidak akan menanggapi dengan tindakan balasan yang bersifat ofensif.

“Kami akan segera bertindak ketika kedaulatan dan kepentingan keamanan negara dilanggar,” tutup Kim.

Rekomendasi