Prabowo Siap Kirim Tenaga Medis ke Gaza

| 02 Jun 2024 13:00
Prabowo Siap Kirim Tenaga Medis ke Gaza
Menteri Pertahanan (Menhan) RI, Prabowo Subianto (Dok. Tim Media Prabowo)

ERA.id - Menteri Pertahanan (Menhan) RI, Prabowo Subianto mengatakan, Indonesia terus berupaya untuk mengirimkan berbagai bantuan kemanusiaan, termasuk personel medis bagi para warga sipil yang menjadi korban perang di Gaza, Palestina.

Hal itu Prabowo sampaikan saat menghadiri IISS Shangri-La Dialogue ke-21 di Singapura, Sabtu (1/6/2024).

"Kami siap kirimkan tenaga medis untuk mengoperasikan rumah sakit lapangan di Gaza. Tentu saja dengan persetujuan semua pihak," kata Prabowo.

Dia menjelaskan, Indonesia juga bersedia untuk segera melakukan evakuasi para korban ke rumah sakit Indonesia di Gaza, hingga lebih dari 1.000 orang.

"Presiden Joko Widodo telah menginstruksikan saya untuk mengumumkan bahwa kami siap mengevakuasi, menerima, dan merawat hingga 1.000 pasien dengan perawatan medis dalam waktu dekat," ungkap Prabowo.

Ia pun kembali menegaskan pentingnya perdamaian jangka panjang dengan solusi gencatan senjata yang permanen di Gaza. Sejalan dengan itu, ia mengimbau komunitas internasional agar bekerja sama mewujudkan tujuan tersebut.

"Mari kita bekerja sama untuk mencapai tujuan tersebut. Kita harus melakukan yang terbaik untuk mencapai solusi nyata dan abadi," ujar dia.

Rekomendasi