Crazy Rich Vietnam Truong My Lan yang Dihukum Mati Sempat Pindahkan Puluhan Triliun ke Luar Negeri

| 06 Jun 2024 19:20
Crazy Rich Vietnam Truong My Lan yang Dihukum Mati Sempat Pindahkan Puluhan Triliun ke Luar Negeri
Truong My Lan (X/@CerfiaFR)

ERA.id - Konglomerat Vietnam yang dijatuhi hukuman mati, Truong My Lan, sempat memindahkan uang ke luar negeri secara ilegal. Truong memindahkan 4,5 miliar USD (Rp73 triliun) atas kasus penipuan terbesar di Vietnam.

Kepolisian Vietnam mengatakan proses penyelidikan terhadap kasus pencucian uang yang dilakukan Truong Lan sudah selesai dilakukan, Namun polisi enggan memberikan keterangan lebih lanjut.

Mengutip Reuters, media pemerintah mengatakan Truong secara ilegal mentransfer 1,5 miliar USD (Rp24 triliun) keluar dari Vietnam dan memindahkan 3 miliar USD (Rp48 triliun) ke negara tersebut.

Laporan tersebut tidak merinci negara mana yang menjadi penerima atau asal uang tersebut.

Diketahui, Truong My Lai dijatuhi hukuman mati oleh pengadilan pada April lalu. Dia terbukti bersalah atas penggelapan, penyuapan, dan pelanggaran peraturan perbankan dengan total 44 miliar USD (Rp715 triliun) kepada Saigon Commercial Bank (SCB).

Sebanyak 12,3 miliar USD (Rp199 triliun) diduga disalurkan Truong ke Van Thinh Phat, perusahaan ilegal miliknya. Sementara sisanya dilaporkan digunakan untuk keperluan pribadi Truong.

Selain itu, Truong Lan juga dituduh melakukan pencucian sebesar 445,7 triliun dong, termasuk uang yang dia dan kaki tangannya dapatkan dengan cara menyedotnya dari SCB dan dari penerbitan obligasi ilegal.

Kasus itu pun menjadi skandal korupsi terbesar dalam sejarah Asia Tenggara. Selain Truong, puluhan pejabat termasuk pejabat bank didakwa kasus tersebut.

Tags :
Rekomendasi