Pelaku Penyerangan Perdana Menteri Denmark Ditangkap, Diduga Alami Gangguan Kejiwaan

| 08 Jun 2024 12:05
Pelaku Penyerangan Perdana Menteri Denmark Ditangkap, Diduga Alami Gangguan Kejiwaan
Perdana Menteri Denmark (instagram/mette)

ERA.id - Perdana Menteri Denmark Mette Frederiksen diserang oleh seorang pria tak dikenal di Kultorvet, alun-alun kota Kopenhagen. Pelaku penyerangan pun langsung diamankan oleh polisi setempat.

Kabar tersebut disampaikan Menteri Lingkungan Denmark Magnus Heunicke melalui akunnya di media sosial X. Dia mengatakan Mette terkejut atas serangan tersebut.

"Perdana Menteri Denmark Mette Frederiksen hari ini diserang dan dipukuli oleh seorang pria di Kultorvet di Kopenhagen. Mette tentu saja terkejut dengan serangan itu. Saya harus mengatakan bahwa hal itu mengguncang kita semua yang dekat dengannya," tulisnya.

Lalu, kata Magnus, pihak kepolisian disebut sudah mengamankan seorang pria yang melakukan penyerangan. Dia pun berharap kejadian itu tidak terulang lagi terlepas dari perbedaan politik.

"Terlepas dari perbedaan pendapat politik, kampanye pemilu, dll. Ini buruk dan tidak bisa diterima. Mari kita tunjukkan bahwa Denmark jauh lebih baik," katanya.

Sementara itu, kepolisian Kopenhagen juga mengkonfirmasi bahwa pihaknya tengah menangani kasus terkait keselamatan PM Frederiksen di Kultorvet. Penyerang PM Denmark tersebut telah ditahan dan penyelidikan masih berlangsung.

Polisi enggan memberikan keterangan lebih rinci terkait penyerang tersebut. Namun seorang barista yang berada di lokasi kejadian mengatakan pelaku nampak sedikit stres.

"Dia tampak sedikit stres," kata Soren Kjergaard, dikutip Reuters, Sabtu (8/6/2024).

Serangan itu terjadi dua hari sebelum warga Denmark menuju tempat pemungutan suara dalam pemilu Uni Eropa. Tiga minggu lalu, Perdana Menteri Slovakia Robert Fico terluka parah dalam upaya pembunuhan.

Rekomendasi