Saudi Luncurkan Kacamata Cerdas untuk Jamaah Haji, Bisa Verifikasi Legalitas dalam Enam Detik

| 10 Jun 2024 14:00
Saudi Luncurkan Kacamata Cerdas untuk Jamaah Haji, Bisa Verifikasi Legalitas dalam Enam Detik
Kacamata cerdas haji (Dok. SPA)

ERA.id - Otoritas Umum Transportasi Saudi (TGA) menerapkan versi lanjutan dari kacamata virtual untuk musim haji 1445 mendatang. Kacamata ini dilengkapi dengan teknologi augmented reality (AI).

Peluncuran kacamata cerdas ini dilakukan oleh TGA untuk memastikan layanan transportasi yang efisien dan berkualitas tinggi bagi para jamaah. Kacamata virtual ini memberdayakan pengawas lapangan untuk melakukan pemeriksaan yang cepat dan komprehensif.

"Hanya dalam waktu enam detik, pengawas dapat memverifikasi legalitas kendaraan, kepatuhan pengemudi, pemeriksaan dokumen, dan melaporkan segala pelanggaran ke pusat data dan kendali," katanya, dikutip SPA, Senin (10/6/2024).

Dengan kecanggihan itu, proses pemeriksaan kendaraan bisa berkurang hingga 600 persen. Nantinya dengan kacamata cerdas itu, otoritas Saudi berharap adanya peningkatan soal kepatuhan dan kualitas layanan transportasi bagi jamaah secara keseluruhan.

Lebih lanjut, dengan menyederhanakan pemeriksaan dan meningkatkan efisiensi, kacamata virtual berkontribusi pada pengalaman ziarah yang lebih lancar. Hal ini memungkinkan jamaah untuk fokus pada tugas keagamaan mereka dengan lebih mudah dan ketenangan pikiran.

Rekomendasi