Saudi Tingkatkan Fasilitas Dua Masjid Suci Selama Musim Haji 1445 H, Ini Daftarnya

| 19 Jun 2024 12:40
Saudi Tingkatkan Fasilitas Dua Masjid Suci Selama Musim Haji 1445 H, Ini Daftarnya
Fasilitas haji (Dok. SPA)

ERA.id - Otoritas Umum Urusan Dua Masjid Suci mengumumkan keberhasilan pelaksanaan rencana operasionalnya untuk musim haji 1445 H. Keberhasilan ini dicapai berkat kelancaran dan kepuasan ibadah haji bagi semua orang.

Berdasarkan pernyataran resmi otoritas Arab Saudi, musim haji 1445 H tahun ini mengalami banyak peningkatan dari segi fasilitas. Peningkatan dari segi infrastruktur berkualitas tinggi mencakup sistem pendingin canggih, sistem audio-visual yang ditingkatkan, dan sistem pintu untuk pengendalian massa yang efisien.

Dikatakan bahwa pencapaian ini mencerminkan dedikasi dan upaya tak kenal lelah dari personel otoritas yang memastikan kelancaran dan kepuasan ibadah haji bagi semua orang.

Selain itu, layanan juga ditujukan untuk semua kelompok umur dan penyandang disabilitas, yang mencakup kendaraan listrik untuk tawaf dan Sa'i di atap Masjidil Haram, serta kamar kecil dan fasilitas wudhu yang terawat baik.

"Pihak berwenang memastikan pengoperasian layanan dan sistem ini secara konstan dan efektif sepanjang periode haji, menjamin lingkungan yang penuh keimanan bagi para jamaah. Fokusnya diperluas untuk memastikan ketersediaan air Zamzam yang konsisten bagi para jamaah," kata Otoritas Umum Urusan Dua Masjid Suci, dikutip Saudi Press Agency, Rabu (19/6/2024).

Selain itu,  otoritas umum juga memprioritaskan peningkatan perjalanan jamaah melalui pameran yang memamerkan signifikansi sejarah kedua masjid suci tersebut dan layanan digital yang tersedia. Tersedia juga konten pendidikan memperdalam pemahaman agama.

Perpustakaan jamaah menawarkan akses terhadap beragam pengetahuan Islam, sementara layanan bimbingan memberikan jawaban atas pertanyaan, terjemahan khotbah, dan terjemahan khotbah Arafah ke dalam 37 bahasa.

"Upaya sukses ini merupakan hasil kolaborasi erat antara berbagai entitas yang melayani kedua masjid suci tersebut. Kolaborasi ini mencerminkan komitmen teguh Kerajaan Arab Saudi, di bawah kepemimpinan Penjaga Dua Masjid Suci Raja Salman bin Abdulaziz Al Saud dan Yang Mulia Putra Mahkota," ujarnya.

Musim haji tahun ini sedikitnya diikuti oleh 1,8 juta jamaah haji dari seluruh dunia, 1,6 juta di antaranya berasal dari luar negeri.

Rekomendasi