Lithuania Minta Bantuan Keuangan ke Uni Eropa, Sebut Demi Perkuat Pertahanan dari Rusia

| 09 Jul 2024 17:35
Lithuania Minta Bantuan Keuangan ke Uni Eropa, Sebut Demi Perkuat Pertahanan dari Rusia
Lithuania minta bantuan ke UE (Antara)

ERA.id - Menteri Dalam Negeri Lithuania Agne Bilotaite meminta bantuan keuangan kepada Uni Eropa demi memperkuat perlindungan perbatasan negara Baltik itu dengan Rusia.

Pengajuan bantuan itu ditujukan kepada Komisaris Uni Eropa untuk urusan Dalam Negeri Ylva Johansso. Bilotaite menekankan kebutuhan mendesak untuk memodernisasi dan memperbarui sistem pengawasan perbatasan.

"Saat ini, memperkuat keamanan perbatasan Lithuania sepanjang 275 kilometer (170.877 mil) dengan Rusia adalah prioritas kami," katanya, dikutip Anadolu, Selasa (9/7/2024).

Lalu, kata Bilotaite, sebagian besar infrastruktur pengawasan perbatasan perlu ditingkatkan. Hal ini guna memastikan bahwa Lithuania mendapat informasi yang tepat tentang situasi di perbatasan dan dapat menjamin keamanan di wilayah perbatasan luar Uni Eropa.

Terkait biaya modernisasi tersebut, diperkirakan mencapai sekitar 16 juta euro (Rp281,9 miliar), sedangkan dana yang dibutuhkan adalah 13,7 juta euro (Rp241,4 miliar).

Pada bulan Oktober tahun lalu, Lithuania menerima hibah Uni Eropa sebesar 9,3 juta euro (Rp163,8 miliar), yang memungkinkan negara Baltik tersebut meningkatkan sistem pengawasan perbatasan di sepanjang batas wilayah dengan Belarus.

Dalam suratnya, Bilotaite lebih jauh menyoroti kontribusi Komisi Eropa dalam melawan masuknya imigran gelap yang diduga "diatur" oleh rezim Belarus. Kegiatan itu dimulai pada tahun 2021, demikian menurut stasiun penyiaran nasional LRT.

Sejauh ini, Komisi Eropa telah memberi Lithuania dukungan sekitar 100 juta euro (Rp1,7 triliun) untuk penguatan perbatasan dengan Belarus di tengah dugaan serangan hibrida Rusia terhadap negara tersebut.

Rekomendasi