Direktur Secret Service Mengundurkan Diri Usai Gagal Lindungi Donald Trump: Saya Bertanggung Jawab

| 24 Jul 2024 13:30
Direktur Secret Service Mengundurkan Diri Usai Gagal Lindungi Donald Trump: Saya Bertanggung Jawab
Direktur Secret Service mundur (Dok. Tangkapan layar Reuters)

ERA.id - Direktur Secret Service Kimberly Cheatle resmi mengundurkan diri dari jabatannya, Selasa (23/7) waktu setempat. Pengunduran diri ini menyusul kegagalannya dalam melindungi mantan presiden Donald Trump dari upaya percobaan pembunuhan beberapa waktu lalu.

Dalam surat pengunduran dirinya yang diajukan tersebut, Cheatle mengatakan bahwa keputusan itu sangat sulit untuk dilakukan. Pengunduran dirinya itu juga dilakukan di tengah pengawasan ketata selama seminggu terakhir terhadap Secret Service.

"Mengingat kejadian baru-baru ini, dengan berat hati saya telah membuat keputusan sulit untuk mengundurkan diri sebagai Direktur Anda," kata Cheatle dalam suratnya, dikutip CNN, Rabu (24/7/2024).

Cheatle juga menekankan bahwa dia bertanggung jawab atas pelanggaran keamanan yang menyebabkan calon presiden Donald Trump terluka dalam insiden penembakan beberapa waktu lalu. Dia menyebut upaya pembunuhan itu sebagai kegagalan operasional paling serius dari Seceret Service.

"Pada tanggal 13, kami gagal. Sebagai direktur Dinas Rahasia Amerika Serikat, saya bertanggung jawab penuh atas setiap kelemahan keamanan pada badan kami," katanya.

Ketua Komite Pengawas DPR dari Partai Republik James Comer, dan anggota senior Jamie Raskin, menuntut Cheatle mengundurkan diri pada hari Senin dalam sebuah pernyataan bipartisan.

Menteri Keamanan Dalam Negeri AS Alejandro Mayorkas mengatakan posisi Cheatle akan digantikan oleh Ronald Rowe, yang sebelumnya menjabat sebagai wakil direktur Secret Service.

"Wakil Direktur Dinas Rahasia Ronald Rowe, yang telah bekerja selama 24 tahun di badan tersebut, akan bertindak sebagai penjabat direktur," kata Mayorkas.

Secret Service menghadapi penyelidikan dari berbagai komite kongres dan pengawas internal Departemen Keamanan Dalam Negeri AS, organisasi induknya, atas kinerjanya. Biden, yang telah mengakhiri kampanye pemilihannya kembali, juga menyerukan peninjauan independen.

Cheatle menghadapi kecaman bipartisan ketika dia hadir di hadapan Komite Pengawasan Dewan Perwakilan Rakyat pada hari Senin, menolak menjawab pertanyaan dari anggota parlemen yang frustrasi mengenai rencana keamanan untuk rapat umum tersebut dan bagaimana penegakan hukum menanggapi perilaku mencurigakan pria bersenjata tersebut.

Cheatle memegang peran keamanan tertinggi di PepsiCo ketika Biden menunjuknya sebagai direktur Secret Service pada tahun 2022. Dia sebelumnya menjabat selama 27 tahun di badan tersebut.

Dia mengambil alih jabatan tersebut menyusul serangkaian skandal yang melibatkan Secret Service yang merusak reputasi lembaga elit tersebut.

Sepuluh agen Secret Service kehilangan pekerjaan mereka setelah terungkap bahwa mereka membawa perempuan, beberapa di antaranya adalah pelacur, kembali ke kamar hotel mereka menjelang perjalanan Presiden Barack Obama ke Kolombia pada tahun 2012.

Badan tersebut juga menghadapi tuduhan bahwa mereka menghapus pesan teks sekitar waktu serangan 6 Januari 2021 di Gedung Capitol AS. Pesan-pesan tersebut kemudian diminta oleh panel kongres yang menyelidiki kerusuhan tersebut.

Rekomendasi