Lima Pejabat Tinggi Ukraina Mengundurkan Diri dari Jabatan, Termasuk Kepala Persenjataan

| 04 Sep 2024 16:25
Lima Pejabat Tinggi Ukraina Mengundurkan Diri dari Jabatan, Termasuk Kepala Persenjataan
Pejabat Ukraina mundur (X/@zelenskyyUa)

ERA.id - Lima pejabat penting Ukraina mengundurkan diri dari jabatannya setelah ada perombakan besar di pemerintahan. Pengunduran diri ini terjadi di titik kritis dalam perang dengan Rusia.  

Menteri Industri Strategis Oleksandr Kamyshin, Wakil Perdana Menteri Olha Stefanishyna dan menteri kehakiman, lingkungan hidup dan reintegrasi mengundurkan diri dari jabatannya. Hal ini pun membuat sepertiga kabinet kosong setelah sebelumnya Presiden Volodymyr Zelenskyy memecat sejumlah menteri.

"Musim gugur akan sangat penting bagi Ukraina. Dan lembaga-lembaga negara kita harus dikonfigurasikan sehingga Ukraina mencapai semua hasil yang kita butuhkan untuk kita semua," kata Zelenskyy, dikutip Reuters, Rabu (4/9/2024). 

"Untuk itu, kita harus memperkuat beberapa bidang pemerintahan dan perubahan dalam susunannya telah dipersiapkan. Akan ada juga perubahan di kantor (presiden)," sambungnya.

Zelenskyy juga telah memberhentikan Rostyslav Shurma, salah satu wakil kepala stafnya yang bergerak di bidang ekonomi, menurut sebuah dekrit yang dipublikasikan di situs web kepresidenan.

Selain itu, David Arakhamia, seorang anggota parlemen senior untuk partai Zelenskyy, mengatakan akan ada perubahan besar-besaran pemerintahan yang akan mengakibatkan lebih dari separuh menteri berganti.

"Besok kita akan menghadapi hari pemecatan, dan hari pengangkatan pada hari berikutnya," katanya. 

Stefanishyna, yang memiliki pengalaman berpusat pada upaya Kyiv untuk bergabung dengan Uni Eropa dan aliansi militer NATO, dapat ditunjuk sebagai kepala kementerian yang lebih besar yang menggabungkan peran lamanya dan peran kementerian kehakiman. 

Sementara itu, Kamyshin telah mempelopori upaya Ukraina untuk meningkatkan produksi pertahanan mulai dari pesawat nirawak serang hingga rudal jarak jauh untuk melawan Rusia, musuh yang jauh lebih bersenjata dan lebih besar. 

"Saya akan terus bekerja di sektor pertahanan tetapi dalam peran yang berbeda," tulis Kamyshin. 

Ia diangkat pada Maret 2023 setelah mengukir citra sebagai manajer yang efektif dari jalur kereta api nasional, jalur logistik vital bagi warga sipil dan militer pada tahun pertama invasi skala penuh Kremlin pada Februari 2022.

Sejak ia mengambil alih produksi pertahanan, Ukraina telah memproduksi ribuan pesawat nirawak jarak jauh untuk menyerang Rusia. Bulan lalu, Zelenskyy mengatakan Kyiv untuk pertama kalinya menggunakan rudal pesawat nirawak baru dan juga menguji coba rudal balistik baru.  

Para anggota parlemen dan analis politik telah memperkirakan adanya perubahan besar dalam pemerintahan sejak musim panas dimulai.

Perdana Menteri Denys Shmyhal telah mengusulkan kemungkinan untuk merampingkan pemerintahan dan menggabungkan beberapa bidang menjadi satu kementerian. 

Setidaknya lima bidang telah kosong sejak para menteri dipecat atau mengundurkan diri awal tahun ini, termasuk portofolio pertanian dan infrastruktur yang penting.

"Ini adalah pemerintahan tanpa menteri, krisis intelektual dan personel yang tidak diperhatikan oleh pihak berwenang," ujar anggota parlemen oposisi Iryna Herashchenko.

Ia menyerukan pemerintahan persatuan nasional yang akan mengakhiri cengkeraman ketat pada kendali kekuasaan yang dipegang oleh tim politik Zelenskyy.

Rekomendasi