Heboh! Petisi Warga Ternama India Minta Pengadilan Larang Ekspor Senjata ke Israel

| 04 Sep 2024 20:45
Heboh! Petisi Warga Ternama India Minta Pengadilan Larang Ekspor Senjata ke Israel
India larang ekpor senjata (Instagram/UNRWA)

ERA.id - India berncana untuk menghentikan ekspor senjata ke Israel. Penghentian ini muncul setelah ada petisi yang diajukan ke pengadilan tinggi.  

Sebuah petisi diajukan ke pengadilan tinggi India yang meminta pemerintah federal membatalkan lisensi bagi perusahaan-perusahaan yang masih mengekspor ke Israel. 

Dalam gugatan Kepentingan Publik, yang diajukan oleh hampir selusin orang, mengatakan bahwa India masih terkait oleh berbagai hukum dan perjanjian internasional dengan Israel.

"India terikat oleh berbagai hukum dan perjanjian internasional yang mewajibkan India untuk tidak memasok senjata militer kepada Negara-negara yang terbukti bersalah atas kejahatan perang, karena ekspor apa pun dapat digunakan dalam pelanggaran serius terhadap hukum humaniter internasional," demikian laporan Press Trust of India, Rabu (4/9/2024). 

Sebelumnya, sekelompok warga negara terkemuka di India telah menulis surat kepada menteri pertahanan negara itu dan mendesaknya untuk menghentikan proses perizinan yang memungkinkan eksportir mengirim senjata dan amunisi ke Israel.  

Sejak perang Hamas-Israel terjadi pada 7 Oktober 2023, angka kematian warga Palestina mencapai 40.800 jiwa, yang didominasi oleh perempuan dan anak-anak. Hampir 94.300 orang cedera dan sebagian besar wilayah hancur berkeping-keping.

Rekomendasi