Soal Penangkapan Agen Intelijen di Belarusia, Jepang: Kami Akan Beri Bantuan Sebanyak Mungkin

| 05 Sep 2024 16:35
Soal Penangkapan Agen Intelijen di Belarusia, Jepang: Kami Akan Beri Bantuan Sebanyak Mungkin
Agen Intel Jepang ditangkap (Freepik)

ERA.id - Otoritas keamanan Belarusia menahan seorang agen intelijen Jepang berusia 55 tahun yang diduga melakukan pelanggaran hukum di negara tersebut. Agen intelijen itu diduga mengumpulkan informasi soal kondisi sosial dan ekonomi di Belarusia.

Kepala Sekretaris Kabinet Yoshimasa Hayasi membenarkan bahwa otoritas Belarusia menangkap seorang pria Jepang berusia 50-an pada 9 Juli 2024. Hayasi mengatakan warga negara Jepang itu terlibat pelanggaran hukum, yang tidak disebutkan rincian lebih lanjut.

"Kedutaan Besar Jepang di Belarusia mengonfirmasi penahanan seorang pria Jepang berusia 50-an pada tanggal 9 Juli atas apa yang disebut oleh pihak berwenang sebagai pelanggaran hukum setempat," kata Hayashi, dikutip Reuters, Kamis (5/9/2024).

Hayasi menambahkan bahwa agen intelijen Jepang itu tidak memiliki masalah kesehatan, namun menolak memberikan alasan penahanannya. Namun pihaknya memastikan akan memberikan bantuan hukum maksimal untuk pria itu.

"Pemerintah Jepang akan memberikan bantuan sebanyak mungkin," imbuhnya.

Menurut laporan Belarus-1, pria itu ditangkap di kota Gomel setelah diduga terlibat dalam pengumpulan informasi intelijen tentang kondisi sosial dan ekonomi di Belarusia, penerapan inisiatif 'One Belt, One Road China, dan situasi di sepanjang perbatasan Belarus dengan Ukraina.

Laporan itu mengatakan saat ia ditangkap, pria itu sedang merekam infrastruktur militer. Selain itu, laporan tersebut juga menyebutkan bahwa pria itu sebelumnya mengajar bahasa Jepang di sebuah universitas di kota tersebut, yang merupakan kota kelahiran istrinya.

Pria itu juga dilaporkan kerapa kali menyelenggarakan pameran budaya dan tradisi Jepang. Laporan tersebut mengatakan bahwa tindakan pria itu dapat merugikan negara Belarusia.

Belarusia, yang dipimpin oleh Presiden Alexander Lukashenko sejak 1994, adalah salah satu sekutu terdekat Rusia dan mengizinkan pemimpin Kremlin Vladimir Putin menggunakan wilayahnya untuk melancarkan invasi ke Ukraina pada Februari 2022.

Berdasarkan laporan media, kejadian ini adalah contoh pertama seorang warga negara Jepang yang terlibat dalam aktivitas intelijen.

Jepang telah menjatuhkan sanksi pada entitas Belarusia, seperti pembekuan aset dan tindakan larangan ekspor, sebagai bagian dari upayanya untuk memangkas dukungan bagi invasi Rusia ke Ukraina.

Seorang warga negara Jerman dihukum pada bulan Juni atas tuduhan terorisme dan aktivitas tentara bayaran di Belarus dan dijatuhi hukuman mati, tetapi dibebaskan sebagai bagian dari pertukaran tahanan massal antara Rusia, Belarus, Amerika Serikat, dan negara-negara lain.

Rekomendasi