Pesan Hangat Joe Biden untuk Prabowo Usai Dilantik Jadi Presiden: Selamat Rakyat Indonesia

| 21 Oct 2024 18:45
Pesan Hangat Joe Biden untuk Prabowo Usai Dilantik Jadi Presiden: Selamat Rakyat Indonesia
Joe Biden ucapkan selamat ke Prabowo (XPOTUS)

ERA.id - Presiden Amerika Serikat, Joe Biden, mengucapkan selamat atas pelantikan Prabowo Subianto sebagai Presiden ke-8 Republik Indonesia. Biden berharap bisa melanjutkan kerja sama dengan Indonesia di bawah kepemimpinan Prabowo Subianto.

"Saya mengucapkan selamat kepada Presiden Prabowo Subianto atas pelantikannya sebagai Presiden Republik Indonesia, dan kepada rakyat Indonesia atas hak pilihnya dan suara yang telah mereka sampaikan," demikian pernyataan Joe Biden, dikutip Antara, Senin (21/10/2024).

Selain itu, Biden juga mengatakan dirinya dan Wakil Presiden Kamala Harris berharap dapat bekerja sama dengan Presiden Prabowo dengan terus memperkuat kemitraan strategis komprehensif di tengah perayaan 75 tahun hubungan diplomatik kedua negara.

Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka mengucapkan sumpah jabatan sebagai Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia dengan masa bakti 2024-2029 dalam Sidang Paripurna MPR RI di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Jakarta, Minggu.

Sebanyak 732 anggota MPR RI menyaksikan prosesi pengucapan sumpah jabatan tersebut. Sidang Paripurna MPR RI juga dihadiri para tokoh nasional dan pimpinan partai politik.

Selama acara pengambilan sumpah, delegasi Amerika Serikat yang diwakili oleh Perwakilan AS untuk PBB, Linda Greenfield dan Dubes AS Kamala Shirin Lakhdhir turut hadir di Gedung MPR/DPR RI.

Acara itu juga dihadiri oleh sedikitnya 35 perwakilan negara sahabat, mulai dari Jepang, Kanada, Prancis, Mesir, Rusia, Yordania, Turki, serta Inggris yang diwakili oleh Menteri Luar Negeri sekaligus Pembangunan Inggris David Lammy.

Selain itu, mantan Presiden Jerman Christian Wulff, Menteri Negara Urusan Luar Negeri Arab Saudi Adel al-Jubeir, Wakil Perdana Menteri Thailand Anutin Charnvirakul, Wakil Perdana Menteri Qatar Dr. Khalid bin Mohamed Al-Attiyah, Utusan Khusus Presiden Uni Emirat Arab Nahyan bin Mubarak Al-Nahyan.

Selanjutnya delegasi dari Selandia Baru, Australia, Vietnam, Laos, China, Timor Leste, Kepulauan Solomon, Singapura juga hadir di Ruang Sidang Paripurna Pelantikan Presiden-Wakil Presiden RI, serta Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim  juga menghadiri acara pelantikan tersebut.

Rekomendasi