Sempat Sepanggung Debat dengan Trump, Joe Biden Dinyatakan Negatif COVID-19

| 03 Oct 2020 10:20
Sempat Sepanggung Debat dengan Trump, Joe Biden Dinyatakan Negatif COVID-19
Wakil Presiden Joe Biden dalam kampanye Pilpres AS, Jumat (2/10/2020). (Dok. Tim Kampanye Joe Biden)

ERA.id - Kandidat presiden AS dari Partai Demokrat, Joe Biden, dan istrinya, Dr. Jill, dinyatakan negatif COVID-19 pada Jumat (2/10/2020) pagi, seperti dilansir The Guardian.

"Wakil Presiden Joe Biden dan Dr Jill Biden menjalani tes PCR COVID-19 pada hari ini dan tidak terdeteksi adanya COVID-19. Saya melaporkan hal ini dalam kapasitas saya sebagai dokter utama Wakil Presiden Biden dan Dr Biden," kata Dr Kevin O'Connor dalam sebuah pernyataan yang dirilis oleh tim kampanye Biden.

Pengumuman tersebut merupakan perkembangan terakhir pasca Presiden Donald Trump, petahana dalam pilpres AS 2020, dinyatakan positif COVID-19 pada Jumat (2/10/2020) dinihari. Sebelumnya, satu penasihat seniornya, Hope Hicks, jatuh sakit saat perjalanan pulang dari perjalanan kampanye ke negara bagian Minnesota pada hari Rabu.

Trump dan Biden berada dalam satu panggung yang sama pada Selasa (29/9/2020) saat keduanya melakukan sesi debat pertama untuk Pilpres AS 2020.

Biden sendiri sempat menyampaikan dukungan kesembuhan pada Trump via Twitter. Ia menulis bahwa ia dan istrinya berharap Trump dan istrinya, Melania, cepat pulih dari infeksi COVID-19. "Kami akan terus berdoa bagi kesehatan dan keselamatan dari sang presiden dan keluarganya," tulis Biden.

Pada hari Jumat, Biden masih menjalani jadwal kampanye seperti biasa. Ia berbicara di gelaran kampanye Grand Rapids, Michigan. Seperti dilaporkan The Guardian, ia juga muncul dalam ajang penggalangan dana virtual, termasuk dengan musisi rok Jon Bon Jovi. Senator Kamala Harris, tandemnya dalam pilpres tahun ini, juga menghadiri satu ajang penggalangan dana yang akan menghadirkan mantan presiden Barack Obama.

Rekomendasi