Musim Dingin Parah, Warga Amsterdam Asyik Meluncur di Sungai yang Beku

Tim Editor

Warga berselencar di kanal yang membeku di kota Amsterdam, Belanda. (Foto: Robbert Esser/Unsplash)

ERA.id - Puluhan peminat ice-skating dikabarkan berbondong-bondong menuju ke kanal Prinsengracht yang bersejarah di kota Amsterdam, Belanda, pada akhir pekan lalu. Mereka berselancar di bagian sungai yang airnya membeku di tengah cuaca sangat dingin yang menyelimuti Eropa, fenomena yang terakhir terjadi pada 2018 lalu.

Berdasarkan laporan Associated Press, orang-orang berseluncur dan berjalan di sebuah bagian kanal yang tertutup es di dekat gedung Westerkerk. Satu pria bahkan dengan berani meluncur di atas menggunakan papan skateboard yang tak beroda.

Amsterdam
Seseorang meluncur di atas kanal Prinsengracht yang membeku di Amsterdam, Sabtu, (13/2/2021). (Dokumen: @sharonodea/Twitter)

"Menakjubkan, terutama hari ini. Ini adalah pengalaman sekali untuk sekian tahun. Jadi ketika kamu ada kesempatan, lakukan segera," kata March Burkett kepada AP, sembari ia mengencangkan ikat sepatu skatenya.

Di Amsterdam sendiri, fenomena ini menjadi yang pertama sejak tahun 2018 lalu.

Di bagian lain di Belanda, warga bisa lebih leluasa berseluncur di danau-danau dan kanal yang membeku. Mereka tak ingin menyia-nyiakan kesempatan itu sebelum otoritas cuaca setempat mengumumkan cuaca bakal segera memanas dan es akan mencair.

Asosiasi skating di Belanda dan pemerintah lokal juga meminta agar warga tidak berkerumun di lokasi-lokasi yang ramai agar tetap bisa menjaga jarak satu sama lain di tengah karantina total yang ketat di Belanda.

Tahun ini, gelaran skating paling ditunggu-tunggu di Belanda, yaitu 11 Cities Tour yang mengarungi lintassan sepanjang 200 kilometer di Provinsi Friesland, tidak bisa dinikmati para warga meski lapisan es cukup kuat. Penyelenggara acara telah membatalkan acara ini, juga karena adanya lockdown di Belanda.

Tag: eropa Belanda Musim dingin

Bagikan: