Korut Sewot Rudalnya Dikritik Dewan Keamanan PBB: Ini Standar Ganda!

| 29 Mar 2021 11:34
Korut Sewot Rudalnya Dikritik Dewan Keamanan PBB: Ini Standar Ganda!
Bendera Korea Utara. (Foto: Micha Brandli/Unsplash)

ERA.id - Korea Utara pada Senin, (29/3/2021) menuding Dewan Keamanan PBB melakukan standar ganda saat komite sanksi mereka menuding uji coba rudal Korut akhir-akhir ini sebagai pelanggaran terhadap resolusi PBB.

Melansir dari ANTARA, Korea Utara meluncurkan jenis baru rudal balistik taktis jarak dekat pekan lalu, sehingga memicu Washington untuk meminta pertemuan komite sanksi Dewan Keamanan PBB (UNSC).

Di pertemuan komite pada Jumat (26/3), Amerika Serikat mendesak pemberlakuan sanksi tambahan serta implementasi yang lebih ketat dari aturan sebelumnya, mengecam uji coba tersebut sebagai pelanggaran terhadap resolusi PBB, menurut Jo Chol Su, dirjen organisasi internasional di Kementerian Luar Negeri Korea Utara.

Jo menyebutkan pertemuan itu "dirancang untuk melenyapkan hak negara kami untuk membela diri", memperingatkan bahwa pihaknya dapat merencanakan "aksi balasan".

"Ini adalah sebuah penolakan kedaulatan negara dan standar ganda yang nyata yang dipermasalahkan oleh UNSC, berdasarkan 'resolusi' PBB - produk kebijakan permusuhan AS,"

tulis Jo dalam pernyataan yang dipublikasi oleh Kantor Berita KCNA.

"Tidak masuk akal bahwa hanya tindakan pertahanan diri kita yang harus diadukan, sementara banyak negara lain di seluruh dunia menembakkan semua jenis proyektil untuk tujuan meningkatkan ketangguhan militer mereka."

Pernyataan itu muncul setelah Korut pada Sabtu (27/3) mengatakan bahwa pemerintah Presiden Amerika Serikat Joe Biden mengambil langkah awal yang salah dan mengungkapkan antipati dengan mengritik uji coba rudal pertahanan diri milik Korea Utara.

Rekomendasi