4 Rute Penerbangan Paling Ditakuti Pilot, Ada yang Berada di Tengah Kota Padat Penduduk

Tim Editor

Old HKG (Kai Tak International Airport, Hong Kong). (Foto: Istimewa)

ERA.id - Sebagai terminal penerbangan, bandara dituntut untuk memiliki pelayanan, fasilitas, hingga keamanan yang baik agar para pengguna jasa dan pekerja di bandara bisa bekerja dengan aman dan nyaman. Tapi tahu nggak sih, ternyata ada beberapa rute penerbangan yang ditakuti oleh pilot lho. 

Hal ini bisa terjadi karena jalur yang berbahaya dan bisa meningkatkan risiko kecelakaan pesawat. Penasaran apa saja? Berikut 4 rute penerbangan yang paling ditakuti pilot:

1. Old HKG (Kai Tak International Airport, Hong Kong)

Sebelum Juli 1998, kode HKG adalah milik Kai Tak International Airport. Bandara ini terkenal sebagai salah satu yang paling unik di dunia karena lokasinya persis di tengah kota. Akibatnya pesawat sering tampak lalu-lalang di antara bangunan-bangunan tinggi di sana.

Setelah melalui proses relokasi bandara yang panjang dan cermat, bandara ini berhenti beroperasi pada tahun 1998 dan kode HKG dipindah ke Hong Kong International Airport yang berlokasi di Chek Lap Kok, pulau hasil reklamasi di kawasan Lantau Islands.

2. Tenzing-Hillary Airport (LUA)

Bandara ini termasuk salah satu bandara yang dibahas dalam Most Extreme Airports. Bandara ini memang sengaja dibangun di Lukla, Khumbu (Nepal) karena di sinilah biasanya para pendaki Mount Everest memulai perjalanannya.

Masalahnya adalah Bandara ini memiliki runway yang terlalu pendek. Silakan dikira-kira sendiri apa nasib sebuah pesawat jika pilotnya melakukan kekeliruan saat tinggal landas.

Tenzing-Hillary Airport (LUA). (Foto: Wikipedia)

3. Bandara Internasional Princess Juliana, St. Maarten

Pesawat berbadan lebar besar yang membawa turis ke St. Maarten membutuhkan landasan pacu lebih dari 8.000 kaki untuk mendarat dengan aman, sementara landasan pacu di bandara tersebut hanya sepanjang 7.100 kaki. 

Kendati demikian, pemandangan di sini sangat menakjubkan sehingga mungkin bisa membayar ketegangan tadi.

Bandara Internasional Princess Juliana, St. Maarten. (Foto: Wikipedia)

4. Bandara Narsarsuaq, Greenland

Bandara Narsarsuaq memiliki landasan pacu yang tertutup es suhu yang sangat dingin, angin kencang, dan jarak pandang rendah karena terdapat salju tebal dan awan abu dari gunung api aktif terdekat. Pastikan kesehatan jantung jika ingin mendarat di bandara ini.

Bandara Narsarsuaq, Greenland

Kira-kira kalian mau coba yang mana ni? Lumayan kan untuk uji coba adrenalin..

Tag: pesawat terbang pilot penerbangan fakta penerbangan penumpang pesawat

Bagikan: